Virus Corona Ternyata Mampu Bertahan 9 Hari di Permukaan

0
65
Sangat dianjurkan untuk cuci tangan sesering mungkin (Foto: thinkstock)

Siti Masluha – detikHealth

Jakarta –  Mencuci tangan setelah menyentuh fasilitas publik sangat dianjurkan oleh dokter, untuk cuci tangan Anda dari bakteri yang terdapat pada benda yang Anda pegang di fasilitas publik.

Dikutip dari worldofbuzz, saat ini diduga bahwa coronavirus mungkin mampu bertahan hingga sembilan hari di permukaan sebuah benda mati.

Profesor Gunter Kampf dari Greifswald University Hospital’s Institute of Hygiene and Environmental Medicine melakukan penelitian terhadap coronavirus dengan melakukan perbandingan terhadap 22 penelitian tentang coronavirus lain seperti Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan menemukan bahwa virus jenis ini dapat bertahan hingga 9 hari di permukaan benda mati.

Coronavirus dapat bertahan pada permukaan baja dan plastik seperti kancing, kerangka tempat tidur, dan pegangan pada angkutan umum. Ingat, Covid-19 dikenal sebagai infeksi berbasis tetesan yang dapat menyebar melalui kontak manusia ke manusia atau kontak dengan permukaan yang terkontaminasi.

Menurut Profesor Kampf, suhu rendah dan kelembaban tinggi dapat meningkatkan umur virus ini.

Untuk itu mencuci tangan setelah atau sebelum menyentuh benda apapun sangat penting dilakukan untuk mencegah bakteri atau virus masuk ke tubuh Anda melalui tangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here