Program Rupiah Digital Jadi Nggak? Ini Jawaban BI

0
47

Achmad Dwi Afriyadi – detikFinance
Kamis, 21 Des 2023 20:48 WIB

Jakarta – Rencana rupiah digital terus berjalan. Bank Indonesia (BI) menyatakan pengembangan rupiah digital ini telah masuk tahap proof of concept (POC) tahap satu.
Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta mengatakan, dalam pengembangan rupiah digital ini pihaknya telah menerbitkan consultative paper. Dia juga mengatakan, pihaknya akan menerbitkan laporan konsultasi publik.

“Artinya ini akan menyampaikan rangkuman dari keterlibatan publik dalam consultative paper itu,” ujar Filianingsih di Gedung BI Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Laporan konsultasi publik ini memuat masukan yang terbagi dalam 6 kategori. Enam kategori itu yakni akses, penerbitan dan pemusnahan, transfer dana, kapabilitas teknis, teknologi, dan implikasi.

Lanjutnya, pengembangan rupiah digital sudah masuk dalam POC tahap satu. Dia mengatakan, dalam pengembangan rupiah digital dibagi tiga tahapan yakni tahap wholesale, wholesale dengan sekuritas dan wholesale dengan ritel.

“Nah saat ini kita sudah masuk tahapan consultative paper sudah, lalu proof of concept. Saat ini masuk dalam proof of concept tahap satu,” katanya.

Dia mengatakan, industri belum terlibat di tahap ini. Setelah POC tahap satu, akan dilanjutkan dengan membangun sistem untuk uji coba POC dengan penyedia teknologi. Kemudian, dilanjutkan dengan kajian kebijakan atau policy review.

“Setelah itu uji coba. Pada saat uji coba industri akan mulai terlibat di sini,” lanjutnya,

(acd/hns)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here