Diserang Omicron, Inggris Rekor Kasus Baru COVID Tembus 88 Ribu!

0
21

Jumat, 17 Des 2021 07:00 WIB

Nafilah Sri Sagita K – detikHealth

Jakarta – Muncul kasus Omicron, Inggris mencetak rekor kasus baru dua hari berturut-turut. Per Kamis (16/12/2021) ada 88.376 orang yang terpapar COVID-19.
Prof Chris Whitty, kepala petugas medis menilai penyebaran varian Omicron bisa meningkat tajam sangat cepat. Namun, ia optimis puncak kasus bisa segera mereda berkat adanya vaksinasi booster.

Sejauh ini sudah lebih dari 700 ribu dosis vaksin booster yang diberikan pada Rabu kemarin. Perdana Menteri Boris Johnson mengimbau setiap orang untuk berhati-hati dalam menghadapi varian baru Corona Omicron.

Pembatasan dilakukan jelang Natal dan Tahun Baru, semua klub malam ditutup dan protokol kesehatan di sejumlah sektor terus diperketat. Selain penambahan kasus positif, ada 146 kematianCOVID-19.

Kasus harian naik dari 78.610 pada hari Rabu (15/12/2021), yang menjadi rekor penambahan sebelumnya.

“Puncak gelombang Omicron mungkin turun lebih cepat dari puncak COVID-19 sebelumnya, meskipun dia mengatakan kenaikannya akan sangat cepat,” tutur Prof Whitty, dikutip dari BBC.

Namun, dia menambahkan bahwa ini hanya kemungkinan, tingkat pertumbuhan akan melambat begitu orang menerima vaksin booster atau terinfeksi oleh varian Omicron.

Berbicara kepada Komite Kesehatan dan Perawatan Sosial Commons, dia mengatakan bahkan saat orang-orang sangat berhati-hati dalam pencegahan penularan, peningkatan kasus Omicron masih akan ‘sangat cepat’.

“Tetapi program booster adalah rute kembali ke jalur yang lebih normal,” kata Prof Whitty.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here