Menerka Asal Mula Omicron Pertama RI, Terinfeksi Meski Tak ke Luar Negeri

0
23

Jumat, 17 Des 2021 05:00 WIB

Vidya Pinandhita – detikHealth

Jakarta – Kasus pertama varian Omicron di Indonesia teridentifikasi pada seorang petugas kebersihan di Wisma Atlet. Pasien tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri. Lalu dari mana pasien ini tertular?
Pasien pertama varian Omicron di Indonesia tersebut tidak bergejala dan saat ini sudah negatif.

Tidak adanya riwayat perjalanan ke luar negeri memunculkan pertanyaan, dari mana pasien ini tertular? Pertanyaan ini sekaligus mengungkit kembali berbagai prediksi bahwa sebenarnya varian Omicron sudah sejak sebelumnya ada di Indonesia, hanya saja tidak terdeteksi.

Meski demikian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan belum ada bukti adanya transmisi komunitas. Artinya, belum ditemukan kasus penularan di dalam negeri.

“Orang yang tertular ini kebetulan tinggal di asrama Wisma Atlet sehingga kita isolasi di asrama. Sampai sekarang belum kita lihat adanya transmisi komunitas,” kata Menkes.

Sementara itu, Dr Masdalina Pane dari Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) tak menampik kemungkinan adanya transmisi komunitas. Meski demikian, ia menyarankan untuk tidak panik berlebihan.

“Kemungkinan (transmisi komunitas varian Omicron sudah terjadi di RI) selalu ada, tapi itu kan harus dibuktikan. Setiap kemungkinan itu kan harus dibuktikan,” terangnya pada detikcom, Kamis (16/12/2021).

“Sejauh ini kan buktinya belum ada, artinya kita harus percaya bahwa saat ini di pintu masuk masih posisinya,” pungkas Pane.

Baca juga: RI Temukan Pasien Pertama Varian Omicron, Begini Gejalanya
Pasien pertama virus Corona di Indonesia memang bekerja di Wisma Atlet, dan menyusul temuan tersebut saat ini pemerintah menerapkan lockdown Wisma Atlet. Lockdown berlaku 7 hari ke depan sebagai upaya mitigasi, mencegah terjadinya penularan lokal.

Selain satu kasus terkonfirmasi, Menkes juga menginformasikan adanya 5 kasus probable varian Omicron. Kasus probable ditemukan pada dua warga negara Indonesia (WNI) dan tiga warga negara asing (WNA).

“Dua kasus WNI yang baru kembali Amerika Serikat dan Inggris. Kedua WNI ini sekarang sedang diisolasi di Wisma Atlet. Tiga kasus probable lainnya adalah warga negara asing dari Tiongkok yang datang ke Manado.Sekarang diisolasi dikarantina di Manado,” ujar Menkes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here