Cegah Corona, Pemprov Jabar Kumpulkan Rp 4 M dari Potong Gaji ASN

0
51
Ilustrasi pandemi Corona. (Ilustrator: Fauzan Kamil/detikcom)

Yudha Maulana – detikNews

Selasa, 14 Apr 2020 20:33 WIB

Bandung – Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) COVID-19 Jabar Daud Achmad mengungkapkan jumlah uang yang terkumpul dari hasil potong gaji para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jabar. Dana itu nantinya akan dialokasikan untuk percepatan penanggulangan pandemi Corona atau COVID-19 di Jabar.

Hingga Selasa (14/4/2020), telah terkumpul uang Rp 4 miliar di rekening khusus. “ASN di Jabar memiliki sebuah rekening yang disebut Jabar Peduli,” kata Daud di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (14/4/2020).

Menurut Daud, dalam rekening yang sama juga, ASN yang ingin berkontribusi lebih bisa menyumbang uang ke nomor yang sama. “Sesuai arahan pak gubernur, ASN berkontribusi lewat penghasilannya, secara sukarela mereka menyumbangkan dan diimbau untuk mengumpulkan dan itu di dompet Jabar Peduli,” tutur Daud.

“Sampai hari ini sudah terkumpul RP 4 miliar. Tentunya kami sebagai ASN dan anggota Korpri kita akan melakukan langkah yang tepat untuk mencegah penyebaran COVID-19 ini,” kata Daud.

Sebelumnya, kebijakan untuk memotong gaji ASN selama empat bulan ke depan atau sepanjang pandemi COVID-19 ini dicetuskan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dalam Instagramnya, pria yang akrab disapa Emil itu mengumumkan kebijakan satu arah tersebut.

Kebijakan ini sempat menuai pro dan kontra dari kalangan ASN Pemprov Jabar, walau pada akhirnya Emil menetapkan tidak akan memotong gaji ASN yang besaran gajinya tak memungkinkan untuk dilakukan pemotongan. “Bagi yang (gajinya) belum memungkinkan, tidak akan kita potong. Tapi yang memungkinkan, kita berempati selama empat bulan,” ujar Emil di Baleendah, Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here