Gemuruh dan Dentuman Misterius di Sleman yang Tak Terkuak Asal Suaranya

0
36
Ilustrasi (Foto: dok The Siberian Times)

Jauh Hari Wawan S – detikNews

Rabu, 15 Apr 2020 07:10 WIB

Sleman – Sebagian warga di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mendengar suara gemuruh dan dentuman misterius Selasa (14/4) dini hari. Peristiwa itu lalu ramai dibahas di media sosial.

Patricia, warga yang tinggal di Jalan Kaliurang KM 8, Sleman, mengaku terbangun sekitar pukul 03.10 WIB karena mendengar suara gemuruh yang dia kira aktivitas Gunung Merapi. “Suara gemuruhnya cukup kencang dan sedikit ada getaran seperti gempa lokal. Ini seperti yang saya rasakan saat Merapi meletus Juni 2018 lalu,” kata dia.

“Suaranya keras. Bahkan sampai-sampai saya kaget dan bangun dari tidur. Dentuman itu hanya sekali,” ujar Huda, warga Sleman lainnya yang tinggal di Jalan Kaliurang Km 6, Sleman.

Durasi suara dentuman itu, kata Huda, sekitar 5 detik. Menurutnya, suara tersebut mirip gemuruh petir tapi sangat keras. “Suaranya seperti gemuruh petir. Gludug, gludug, gludug, seperti itu,” tuturnya.

Banyak spekulasi terkait pemicu suara dentuman itu. Ada yang menduga suara itu muncul dari aktivitas penerbangan, gempa, letusan Merapi hingga ledakan travo. Namun semua itu dibantah oleh masing-masing instansi terkait.

“Tidak ada kegiatan di Lanud Adisutjipto pagi tadi,” Kapentak Lanud Adisitjipto, Mayor Sus Ambar Rejiyanti. “Lanud latihan penerbangan siswa Sekbang (Sekolah Penerbangan) saja, pukul segitu (3 dini hari) tidak ada aktivitas,” ucapnya.

PLN Yogyakarta juga mengungkap tak ada laporan trafo meledak pada saat dentuman itu terdengar. “Di PLN tidak ada laporan trafo meledak atau gangguan daerah tersebut,” ujar pejabat Humas PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta, Rina Wijayanti.

BMKG juga Yogyakarta memastikan suara dentuman misterius itu bukan diakibatkan oleh aktivitas seismik. “Terkait pertanyaan adanya dentuman, tidak ada hubungannya dengan aktivitas seismik,” kata Kepala BMKG Yogyakarta, Agus Riyanto.

Ada juga yang mengaitkan suara dentuman itu dengan aktivitas Gunung Merapi. Namun, spekulasi itu dibantah langsung oleh Kepala BPPTKG, Hanik Humaida. “Tidak ada kaitannya (dentuman) dengan Merapi,” kata Hanik.

Hanik menegaskan jika aktivitas Merapi tadi pagi tidak menunjukkan peningkatan aktivitas yang signifikan. “Tidak ada aktivitas yang signifikan dari Gunung Merapi pada jam tersebut,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here