Yasonna Copot 2 Direktur Penanggung Jawab Data Imigrasi Harun Masiku

0
45
Menkum HAM Yasonna Laoly (Mochamad Zhacky/detikcom)

Marlinda Oktavia Erwanti – detikNews

Selasa, 28 Jan 2020 17:20 WIB

Jakarta – Menkum HAM Yasonna Laoly mencopot dua dirjen bawahannya. Keduanya dicopot karena dianggap bertanggung jawab atas kesalahan data imigrasi buron KPK Harun Masiku.

Yasonna mengatakan pihaknya sudah meminta dibentuk tim independen untuk menyelidiki soal ‘delay‘ data imigrasi Harun Masiku. Tim itu diminta ke lembaga di luar Kemenkum HAM, yaitu ke Kemenkominfo, BSSN, dan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

“Ada yang janggal, makanya saya bilang ini harus tim,” kata Yasonna di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Dua Dirjen yang dicopot adalah Dirjen Imigrasi dan Direktur Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian. Keduanya dianggap bertanggung jawab terhadap data imigrasi Harun Masiku yang hingga kini masih dicari KPK.

“Mereka bertanggung jawab soal itu,” ujar Yasonna.

Ditjen Imigrasi semula mencatat Harun Masiku pergi ke luar negeri pada 6 Januari 2020. Tak ada catatan Harun kembali hingga 8 Januari, saat terjadinya OTT terhadap eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Namun kemudian informasi itu diralat pada 22 Januari 2020. Imigrasi menyatakan Harun Masiku telah kembali ke Indonesia pada 7 Januari. Ralat informasi itu disampaikan setelah detikcom memberitakan kesaksian istri Harun Masiku pada 21 Januari 2020, yang menyatakan suaminya mengabari sudah berada di Jakarta pada 7 Januari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here