JABODETABEK

Wanita yang Diviralkan ‘Pura-pura Gila’ Mau Culik Anak di Bogor ODGJ

M Sholihin – detikNews
Minggu, 13 Nov 2022 17:18 WIB

Bogor – Seorang wanita diamankan karena diduga hendak menculik anak di Kota Bogor. Kejadiannya viral di media sosial. Polisi mengatakan wanita tersebut merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).
“Betul, wanita yang diduga hendak menculik anak itu sempat kita amankan, tapi langsung kita serahkan ke unit PPA Polresra Bogor Kota,” kata Kapolsek Bogor Utara AKBP Engkus Kuswaha saat dimintai konfirmasi, Minggu (13/11/2022).

Kuswaha menyatakan wanita diduga hendak menculik itu berinisial EL (35) dan diduga ODGJ. Hal ini diketahui berdasarkan keterangan warga dan anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Tanah Baru Kota Bogor.

“Jadi, semalam saya sempat tanya-tanya juga, tapi jawabannya gitu, ngalor ngidul nggak jelas. Kemudian kita dapatkan informasi warga yang bilang pelaku ini memang ODGJ, sering ditemui di daerah tersebut mengambil sampah dan nasi bekas. Bhabinkamtibmas kita juga hasil pantauannya begitu, wanita ini diduga memang ODGJ,” ucapnya.

Sementara itu, Kanit PPA Pokresta Bogor Kota Iptu Ni Komang Armini mengatakan, EL, yang sempat diperiksa di Unit PPA Polresta Bogor, kini sudah diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor.

“Betul (ditangani PPA), tapi (terduga penculik) sudah kita serahkan ke Dinsos, sekarang sudah di Dinsos. Sudah diselesaikan, karena keluarga korban juga memaklumi dan tidak ingin melanjutkan (kasusnya)” kata Komang ketika dimintai konfirmasi.

“Iya kita juga coba periksa, tapi ya memang karena dia ODGJ ya, jadi ya begitu. Awalnya kan cuma diduga ODG (alasan diperiksa). Kemudian kita koordinasi dengan pihak Dinsos, kemudian pihak Dinsos nyatakan ya dia ODGJ, kita serahkan (ke Dinsos),” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah video dinarasikan percobaan penculikan anak oleh seorang wanita di Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, viral di media sosial. Wanita tersebut dinarasikan berpura-pura gila saat diamankan warga.

Dalam video yang dilihat detikcom, sejumlah warga tampak mengerumuni terduga pelaku. Terduga pelaku yang memakai baju serba hitam terduduk di teras salah satu rumah warga.

Orang dewasa hingga anak-anak mengerumuni wanita tak dikenal itu. Wanita berambut sebahu itu bergeming saat diinterogasi sejumlah warga.

“Kade ah bisina budak gelo (hati-hati, takutnya orang gila)” ujar seorang wanita dalam video.

(idn/idn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *