Trauma Operasi, Mpok Atiek Pilih Alternatif untuk Pengobatan Tumor Usus

0
26

Febryantino Nur Pratama – detikHot
Kamis, 11 Jan 2024 08:43 WIB

Jakarta – Komedian Mpok Atiek mengaku enggan menjalani operasi untuk penyakit tumor usus yang diidapnya. Hal itu karena karena masih trauma dengan ibunya yang meninggal karena kanker usus dan menjalani kemoterapi.
“Mamah Mpok itu waktu itu sudah kanker usus gitu kan. Jadi Mamah Mpok itu waktu itu dikemo dulu, abis dikemo diangkat terus babnya lewat kantong gitu kan, nah terus berapa bulan kemudian dikembalikan lagi ke semula dan itu gak balik lagi namanya (meninggal dunia). Jadi Mpok trauma takut untuk menjalankan operasi gitu karena pengalaman mamah jadi trauma,” kata Mpok Atiek ditemui di Studio Trans TV pada Rabu (10/1/2024).

Saat ini untuk kondisi atau tahap tumor usus yang dialaminya masih jinak, Mpok Atiek pun mempercayakan pada pengobatan alternatif. Sejauh ini Mpok Atiek merasa lebih baik usai pengobatan.

“Kalau untuk dioperasi belum punya keberanian Mpok berobat di alternatif. Sebetulnya harus di operasi lewat perut tapi kan udah di endoskopi kan jinak gitu (tumor ususnya). Alhamdulillah hasilnya yang Mpok rasain udah nggak rasain sakit, terus bab nya udah lancar,” kata Mpok Atiek.

Sejauh ini untuk makanan Mpok Atiek mengonsumsi makanan sehat seperti yang direbus-rebus. Penyakit itu sudah Mpok Atiek derita sejak tujuh bulan belakangan.

“Ya kalau sekarang makannya mah udah rebus-rebusan aja, ya telor direbus, kentang di rebus, ya pokoknya direbus semua lah sayur nya juga,” ujarnya.

Mpok Atiek menceritakan penyakit itu didiagnosis ada di dalam tubuhnya sekitar bulan Juni 2023. Awalnya, Mpok Atiek merasakan sakit pada perutnya hampir setiap hari.

Akhirnya sekitar bulan Juni 2023, Mpok Atiek periksa ke dokter internis dan kemudian dirujuk ke dokter gastroenterologi. Dari situ Mpok Atiek harus menjalani endoskopi dan kolonoskopi.

Satu polip besar itu dikatakan berpotensi menjadi ganas dan harus diangkat melalui perut dengan proses operasi. Namun, Mpok Atiek belum berani melakukan operasi karena ada trauma sang bunda meninggal karena kanker usus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here