Status Darurat Global COVID Dicabut, Pandemi Kapan Kelar? Ini Kata Kemenkes RI

0
114

Suci Risanti Rahmadania – detikHealth
Selasa, 09 Mei 2023 14:39 WIB

Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi mencabut status kedaruratan internasional (PHEIC) COVID-19 pada 5 Mei lalu. Meski begitu, WHO menegaskan pencabutan ini bukan berarti menandakan COVID-19 berakhir sebagai pandemi atau ancaman kesehatan global.
“Minggu lalu, COVID-19 merenggut nyawa setiap tiga menit, dan itu hanya kematian yang kita ketahui,” demikian kata WHO dalam pengumuman pencabutan status PHEIC.

Lantas, kapan sih pandemi dinyatakan selesai?

Juru bicara Kementerian Kesehatan RI dr Mohammad Syahril mengungkapkan bahwa sampai saat ini tidak ada batasan yang jelas terkait kapan selesainya pandemi COVID-19. Menurutnya, WHO sendiri pun tak mampu menjawab kapan pandemi COVID-19 dinyatakan selesai atau bukan lagi ancaman kesehatan global.

“Sehingga sulit memperkirakan atau menentukannya,” ucapnya dalam konferensi pers, Selasa (9/5/2023).

Menurut Syahril, saat ini yang paling penting adalah Indonesia berhasil melewati masa terberat pandemi, yang pada saat itu banyak orang yang terinfeksi, meninggal, rumah sakit penuh, dan lainnya. Ia juga menyebut saat ini Indonesia bersiap melakukan masa transisi.

“Yang paling penting adalah saat ini kita sudah berhasil melewati masa terberat pandemi, daruratnya itu dengan melihat indikator seperti angka kasus, kematian, dirawat, serta positivity rate. Dan mulai melakukan transisi dan terus melakukan pemantauan dan upaya lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here