Setelah Palembang dan Prabumulih, OKU Masuk Zona Merah Corona Sumsel

0
45
Foto: Juru Bicara Satgas COVID-19 Sumsel, Yusri (Dok. Istimewa)

Raja Adil Siregar – detikNews

Selasa, 28 Apr 2020 14:35 WIB

Palembang – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) di Sumatera Selatan ditetapkan sebagai zona merah virus Corona. Penetapan ini menyusul 10 warga OKU terjangkit COVID-19 dari transmisi lokal.

“Kabupaten OKU menjadi zona merah virus COVID-19 setelah terjadi sebaran transmisi lokal,” terang Juru Bicara Satgas COVID-19 Sumatera Selatan, Yusri, kepada wartawan, Selasa (28/4/2020).

Selain OKU, 2 daerah yang lebih dulu zona merah adalah Palembang dan Prabumulih. Palembang dan Prabumulih ditetapkan sebagai zona merah setelah terjadinya kenaikan kasus positif dari transmisi lokal.

Saat ini tercatat sudah ada 130 kasus positif COVID-19 di Sumatera Selatan. Ada penambahan 1 kasus baru pada Senin (27/4) kemarin.

“Total kasus positif COVID-19 di Sumatera Selatan sampai tanggal 27 April 2020 ada 130 kasus terkonfirmasi,” kata Yusri.

Terkait dengan penetapan zona merah dan terjadinya kenaikan kasus, Yusri meminta warga di Sumsel lebih disiplin menerapkan instruksi pemerintah. Salah satunya adalah social distancing, memakai masker dan menjaga kesehatan.

Setelah ditetapkannya OKU zona merah, PT Semen Baturaja sebagai perusahaan pelat merah langsung memberi respons. Perusahaan yang ditunjuk koordinator dari Satgas bencana BUMN langsung memberi bantuan APD. Adapun bantuan itu berupa baju APD medis 100, masker medis 2.500, masker nonmedis 8.000, Handscoon 10.000 hingga hand sanitizer 100 liter.

“Kami bersama seluruh BUMN yang ada di Provinsi Sumsel bergotong-royong dan memberikan dukungan khususnya kepada pemerintah dalam berbagai upaya pencegahan penyebaran virus korona utamanya di wilayah OKU,” kata Vice President Operation I Semen Baturaja, Eko David Irawan. Bantuan tersebut langsung diberikan kepada Bupati OKU, Kuryana Aziz.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here