EKBIS

RI Borong Jet Tempur Bekas dari Qatar Rp 12 Triliun

Ahmad Syahri Wijayanto – detikFinance
Kamis, 15 Jun 2023 13:55 WIB

Jakarta – Indonesia dikabarkan telah membeli 12 unit jet tempur bekas dari Qatar dengan jenis Mirage 2000-5 buatan Prancis. Jet tempur ini dibeli dengan harga US$ 800 juta atau setara dengan Rp 12 triliun (asumsi kurs Rp 15.000).
Pembelian tersebut tetap dilakukan walau sebelumnya sudah banyak dikritik oleh anggota parlemen RI atau Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Apa yang begitu mendesak sehingga kami harus membeli jet bekas?” kata Anggota DPR Tubagus Hasanuddin, yang dikutip dari Reuters, Kamis (15/6/2023).

Menurut situs pabrikan Dassault Aviation, pesawat ini dibuat dan dirilis pada tahun 1967. Hal itulah membuat banyak anggota DPR mengkritik rencana itu karena mereka menilai pesawat itu sudah terlalu tua.

Kabarnya Menteri Pertahanan (Menhan) telah menandatangani kesepakatan pembelian tersebut dengan harga 773 juta euro (US$ 792 juta) atau bila dirupiahkan nilainya setara dengan Rp 11,88 triliun. Kesepakatan pembelian itu dilakukan melalui agensi perdagangan Excalibur Internasional, bagian dari Ceko Czechoslovak Group (CSG) pada bulan Januari 2023 lalu.

Pesawat tersebut direncanakan akan tiba di Indonesia Indonesia 24 bulan sejak tanggal pembelian. Pihak Kementerian RI pun tidak mau menyebutkan usia pesawat jet tempur itu.

“Indonesia membutuhkan jet tempur yang dapat dikirimkan dengan cepat untuk menutupi penurunan kesiapan tempur armada TNI Angkatan Udara,” kata Edwin Adrian Sumantha, juru bicara Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan.

RI sejak lama berencana merombak armada udaranya yang sudah tua, salah satunya jet tempur F-16 buatan AS dan Sukhoi Su-27 dan Su-30 Rusia. Pihak Kemhan menerangkan jika rencana untuk mengganti jet F-5 Tiger dengan Su-35 telah terhambat di samping sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Rusia. Selain itu, Kemhan juga menambahkan jika RI telah memiliki banyak rencana untuk meningkatkan armada udaranya.

Sebelumnya pada 2017, RI telah mengumumkan rencana untuk membeli 11 pesawat jet jenis Su-35 dari Rusia. Ditambah RI juga mendapat kesepakatan untuk membeli 42 pesawat jet tempur Rafale yang diperkirakan memiliki harga US$ 8,1 miliar atau setara dengan Rp 121,5 triliun.

Prabowo juga menyebut jika rencana pembelian pesawat jet tempur jenis F-15 dalam tahap lanjut dan menunggu persetujuan akhir dari Pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *