ENERGI

Deal! Akhir Bulan Pertamina Bayar ‘DP’ 50% Blok Masela

Achmad Dwi Afriyadi – detikFinance
Jumat, 16 Jun 2023 14:46 WIB

Jakarta – PT Pertamina (Persero) dipastikan akan mengambil alih hak partisipasi Shell di Blok Masela pada akhir bulan ini. Sebagai ‘tanda jadi’, Pertamina akan membayar hak partisipasi tersebut setengah dahulu.
Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, nilai untuk ambil alih hak partisipasi sudah ada, namun ia belum menyebutkannya. Meski demikian, Arifin mengatakan, nilai untuk ambil alih hak partisipasi tersebut masuk dalam target Pertamina.

“Sudah ada angkanya, angkanya masuk lah dalam targetnya yang akan ambil participating interest, dan akan diselesaikan akhir bulan ini,” katanya di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (16/6/2023).

Arifin mengatakan, Pertamina akan membayar separuh hak partisipasi tersebut sebagai ‘tanda jadi’.

“Separuh dulu sebagai tanda jadi,” katanya.

“Jadi kalau mau tahu nilainya, tunggu akhir bulan, tapi masuk dalam angka yang diharapkan oleh pihak yang mengambil alih, Pertamina,” jelasnya.

Pekan lalu, Arifin mengatakan, Pertamina akan alih hak partisipasi 35% Shell di Blok Masela. Harga pelepasan hak partisipasi ini pun di bawah US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,8 triliun (kurs Rp 14.800), jauh lebih rendah dari kabar yang beredar.

“35% dan angkanya nggak segitu (US$ 1 miliar). Jauh di bawah,” kata Arifin Tasrif di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (9/6).

(acd/rrd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *