Petakan Sebaran Corona, Pemkab Bekasi Akan Gelar Rapid Test Lagi

0
38
Ilustrasi (Foto: DW/SoftNews)

Isal Mawardi – detikNews

Rabu, 01 Apr 2020 12:47 WIB

Bekasi – Pemerintah Kabupaten Bekasi akan kembali menggelar rapid test Corona (COVID-19). Rapid test ini dilakukan untuk memetakan penyebaran virus Corona.

“Jadi kita kan ingin cari pemetaan, kemudian kita melihat sejauh mana penularan itu, dari kontak. Yang kita lakukan kemarin (rapid test pertama) itu 1.000 (orang) belum cukup, karena dilihat dari akses yang ada itu kan meningkat terus nih (jumlah ODP, PDP, dan positif),” ujar juru bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Kabupaten Bekasi, dr Alamsyah, ketika dihubungi, Rabu (1/4/2020).

Belum ada jadwal pasti kapan rapid test kedua akan dilakukan. Alamsyah menuturkan pihaknya masih menunggu pesanan alat rapid test.

Meskipun telah mendapatkan jatah 1.000 alat rapid test dari Pemprov Jawa Barat, itu dirasa belum cukup. Pemkab Bekasi telah memesan ribuan alat rapid test tambahan agar pengecekan pasien lebih banyak dan efektif.

“(Skema rapid testdoor to door,” ujar Alamsyah.

Alamsyah menegaskan hanya kriteria tertentu yang dapat mengikuti rapid test kedua ini, yakni orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), positif Corona, tenaga medis, tokoh masyarakat, pejabat kelurahan dan kecamatan, hingga wartawan.

Dalam rapid test pertama terhadap 1.000 pasien pada 25-26 Maret lalu, sebanyak 992 orang dinyatakan negatif, sedangkan 2 orang dinyatakan positif Corona. Enam pasien lainnya tidak diketahui hasilnya karena alat yang digunakan rusak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here