Pertama di Dunia! Tim Dokter AS Transplantasi Jantung Babi ke Manusia

0
7

dtv – detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 09:05 WIB

Amerika Serikat – Pertama kali di dunia, tim dokter di Amerika Serikat (AS) melakukan transplantasi jantung babi ke seorang pasien. Operasi ini merupakan upaya terakhir untuk menyelamatkan hidupnya.
Ini merupakan operasi pertama dalam ilmu kedokteran. Kegiatan ini dilakukan demi menyelamatkan David Bennett (57).

Kondisi Bennett dinilai tidak memungkinkan untuk mendapatkan jantung manusia. Bennett pun menerima usul untuk memakai jantung babi dan dia menjalani operasi pada Jumat (7/1).

“Pasien ini diberi kesempatan untuk ini, transplantasi eksperimental ini, dengan gagasan bahwa kita tidak tahu apa hasilnya, tapi itu tidak akan lebih buruk daripada terapi tradisional,” ujar Bartley Griffith, dari Fakultas Kedokteran Universitas Maryland.

“Kami tidak akan memberinya hasil yang lebih buruk. Kami punya kesempatan, mungkin. Dia sendiri berkata, ‘Saya ingin hidup dan jika tidak, Anda akan belajar sesuatu.’ Dan ya, maksudku, aku berharap kita tahu lebih banyak. Tapi kami belajar banyak setiap hari dengan pria ini. Dan sejauh ini, kami senang dengan keputusan kami untuk maju, dan dia juga. Senyum lebar di wajahnya hari ini,” tambah Bartley.

Operasi diklaim sukses lantaran tidak ada penolakan dari tubuh pasien. Keberhasilan ini menjadi yang pertama kalinya dalam ilmu kedokteran. Meski begitu, pihak kedokteran terus memantau kondisi Bennett

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here