Waduh, RI Bakal Hadapi Gelombang Omicron! Catat Ini Pesan Menkes

0
7

Selasa, 11 Jan 2022 08:00 WIB

Ayunda Septiani – detikHealth

Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut Indonesia akan menghadapi gelombang varian Omicron baru. Berkaca pada banyak negara, peningkatan kasus Omicron dan disebut lebih cepat berkembang ketimbang COVID-19 varian Delta.
“Memang kenaikan transmisi Omicron akan jauh lebih tinggi dari Delta, tetapi yang dirawat akan lebih sedikit. Sehingga strategi Kemenkes RI akan digeser yang tadinya ke rumah sakit, kini fokusnya ke rumah, sehingga tidak banyak orang yang ke rumah sakit,” beber Menkes dalam konferensi pers Senin (10/1/2022).

“Kembali lagi, kita akan menghadapi gelombang dari Omicron ini, tidak usah panik, kita sudah mempersiapkan diri dengan baik, dan pengalaman menunjukkan walaupun naiknya cepat, tapi gelombang Omicron ini juga turunnya cepat. Yang penting jaga prokes, disiplin surveilans-nya dan percepat vaksinasi rekan-rekan kita yang belum mendapatkan vaksinasi,” sambung dia.

Selain itu, kasus Omicron yang terdeteksi di Indonesia saat ini sebagian besar disumbang oleh pelaku perjalanan dari luar negeri. Oleh karena itu, Menkes meminta warga untuk menahan diri tidak melakukan perjalanan international jika tak ada keperluan mendesak.

Tambahan informasi, hingga saat ini gejala pasien Omicron yang dilaporkan menurut Menkes Budi tercatat ringan, dari 414 kasus yang dilaporkan, hanya dua pasien yang mengeluhkan gejala sedang atau membutuhkan perawatan terapi oksigen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here