PDP Asal Pacitan yang Pulang dari Hong Kong Negatif Corona

0
66
Plt Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, dr Hendra Purwaka/Foto: Purwo Sumodiharjo

Purwo Sumodiharjo – detikNews

Minggu, 29 Mar 2020 13:13 WIB

Pacitan – Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Pacitan dinyatakan negatif corona. Perempuan 44 tahun itu sebelumnya dirujuk ke RSUD dr Iskak Tulungagung.

Pasien tersebut sempat menjalani perawatan selama lebih dari 14 hari. Dinyatakan sehat, kini dirinya kembali tinggal di kampung halamannya di Kecamatan Pringkuku.

“Untuk kondisinya memang sudah bagus dan hasilnya negatif (Covid-19). Alhamdulillah, ini kabar baik bagi kita semua,” kata dr T Hendra Purwaka, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pacitan saat dihubungi detikcom, Minggu (29/3/2020) pagi.

Kendati sudah dinyatakan sehat, namun Hendra mengimbau yang bersangkutan tetap berada di rumah sementara waktu. Di sisi lain, pihak Dinkes terus berkonsultasi dengan dokter spesialis paru yang merawatnya.

Konsultasi dilakukan berkenaan dengan hasil pemantauan kondisi kesehatan orang tersebut. Selain itu saran dari dokter juga menjadi salah satu dasar untuk menghapus status PDP.

“Sebelum men-shutdown (status) PDP 1, ini kami akan konfirmasi dan konsultasi dengan dokter spesialis paru yang menangani,” imbuh Hendra seraya menjelaskan status negatif corona resmi disampaikan, Sabtu (28/3) sore.

Seperti diberitakan, seorang pasien sempat diobservasi di ruang isolasi RSUD dr Darsono Pacitan. Hal ini setelah dirinya mengalami demam dan batuk. Pasien yang baru tiba dari Hong Kong dan transit di Singapura lalu dirujuk ke RSUD dr Iskak Tulungagung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here