Lagi, Dua PDP di Blitar Meninggal dan Dimakamkan dengan Protap Corona

0
51
Pemakaman Jenazah PDP Corona di Selopuro, Blitar dengan protap Corona/Foto: Erliana Riady

Erliana Riady – detikNews

Minggu, 19 Apr 2020 19:53 WIB

Blitar – Dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona dari Kabupaten Blitar meninggal secara beruntun. Mereka sempat diisolasi sehari namun nyawanya tak tertolong karena memiliki penyakit penyerta.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas COVID-19 Pemkab Blitar, PDP yang lebih dahulu meninggal yakni wanita berusia 69 tahun. Pasien merupakan warga Kecamatan Selopuro yang dilaporkan meninggal Sabtu (18/4) pukul 10.00 WIB.

“Yang PDP Selopuro, masuk rumah sakit swasta tanggal 17 April dan meninggal dunia Sabtu (18/4) sekitar pukul 10 pagi, setelah mengalami gejala sesak napas dan demam,” kata Krisna saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (19/4/2020).

PDP ini, lanjutnya, dimasukkan dalam daftar PDP karena mengalami gejala klinis terpapar virus Corona. Yang bersangkutan mengeluhkan demam dan sesak napas pada Jumat (17/4).

“Pasien lalu dirujuk ke rumah sakit swasta di Kabupaten Blitar. Selanjutnya dilakukan rapid test dan hasilnya negatif. Dilanjutkan rontgen thorax menunjukkan pneumonia dan sempat di-swab juga,” ungkapnya.

Sedangkan untuk PDP yang meninggal hari ini, lanjutnya, seorang pria berusia 53 tahun. Yang bersangkutan yakni warga Desa Bacem Kecamatan Ponggok.

Menurut Krisna, walaupun tidak pulang dari zona merah atau berinteraksi dengan pasien positif, ia mengalami sesak napas. Yang menentukan diagnosa yakni dokter yang menangani di RS dr Iskak Tulungagung.

“Kalau yang PDP Bacem, masuk RS Iskak tanggal 16 dan meninggal tanggal 19. Dengan komorbid (penyakit penyerta), gagal ginjal kronis,” ungkapnya.

Krisna menegaskan, walaupun dua PDP ini meninggal dengan komorbid atau penyakit penyerta, namun proses pemakamannya tetap menggunakan protap Corona.

Sampai Minggu (19/4) sore ini, tercatat ada 14 PDP di Kabupaten Blitar. Dengan rincian 3 pasien masih dirawat secara intensif di rumah sakit, 8 sembuh dan tiga meninggal dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here