Pasien Positif COVID-19 Kedua di Garut Pernah Pergi ke Jakarta

0
45
Foto: DW (SoftNews)

Hakim Ghani – detikNews

Sabtu, 04 Apr 2020 21:12 WIB

Garut – Pemkab Garut mengkonfirmasi dua warganya positif Corona. Di mana salah satu yang positif berusia 35 tahun. Ia diketahui memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Pemkab Garut Ricky Rizki Darajat mengatakan, pasien kedua positif Corona yang diberi kode KC-2 tersebut merupakan seorang perempuan berusia 35 tahun.

“KC-2 ini mulai merasakan gejala COVID-19 pada 18 Maret 2020. Sejak saat itu, ia memilih melakukan isolasi mandiri di rumahnya. Riwayat perjalanannya sempat ke Jakarta,” ucap Ricky dalam konferensi pers, Sabtu (4/4/2020).

Setelah merasakan gejala Corona, sambung Ricky, pada tanggal 26 Maret lalu, spesimen dari KC-2 tersebut diuji dengan cara swab test.

“Hasilnya baru diketahui pada 3 April 2020 dengan status positif. Perlu diketahui, selama hasil belum keluar, KC-2 ini mandiri melakukan isolasi di rumahnya,” katanya.

Terkait kejadian ini, sambung Ricky, pihaknya langsung melakukan langkah-langkah penganggulangan. Salah satunya dengan melakukan upaya tracing orang-orang yang sempat menjalin kontak fisik bersama KC-2.

“Hasilnya, kami temukan ada 110 orang di lima lokasi yang pernah kontak langsung dengan KC-2. Ada empat fasilitas kesehatan serta satu perkantoran,” kata Ricky.

Sementara itu, terkait informasi yang beredar di masyarakat tentang profesi KC-2, Ricky mengaku pihaknya menyayangkan hal tersebut bisa tersebar.

“Identitas, profesi tidak boleh disampaikan. Kami sangat prihatin dengan tersebarnya identitas itu,” pungkas Ricky.

Di lokasi yang sama, Kasubbag Humas Polres Garut Ipda Muslih Hidayat mengingatkan masyarakat untuk tidak menyebar identitas pasien positif Corona. penyebar identtitas, kata Muslih, bisa terjerat hukum.

“Bisa kena Undang-undang ITE karena menyebarkan informasi itu. Selain itu, juga bisa kena Undang-undang Rumah Sakit karena menyebarkan identitas pribadi nama pasien,” ucap Muslih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here