JAWA BARAT & BANTEN

Capai Gelar Doktor Ilmu Hukum dengan Cum Laude, Airin Harap Desertasinya Bermanfaat Luas

Sabtu 28 Jan 2023 23:59 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Ia pun mendedikasikan gelar yang diterimanya ini kepada keluarga dan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN — Mantan Walikota Tangerang Selatan periode 2011-2021 Airin Rachmi Diany berharap disertasinya bisa memberikan manfaat di bidang akademik maupun politik serta juga publik secara umum. Harapan ini ia utarakan setelah menjalani Sidang Doktoral di Bidang Ilmu Hukum, Universitas Padjadjaran, Jumat (27/1/2023). Sidang diselenggarakan di Gedung Mochtar Kusumaatmadja, Ruang Auditorium Lantai IV, Fakultas Hukum, Universitas Padjadjaran, Bandung pukul 09.00 WIB.

Ia pun mendedikasikan gelar yang diterimanya ini kepada keluarga dan masyarakat. “Semoga penelitian yang saya lakukan insya Allah akan memberikan manfaat,” kata Airin usai menjalani sidang tersebut, Jumat (27/1/2023).

“Dan yang paling penting dari ini semuanya, apa yang saya lakukan hari ini bisa memberikan manfaat untuk diri saya sendiri, untuk keluarga, dan masyarakat. Semoga bisa memberikan warna dan sistem. Mudah-mudahan Indonesia bisa jadi lebih baik lagi,” kata dia.

Airin tiba di lokasi satu jam lebih awal. Ia menyempatkan diri untuk bertemu secara langsung dengan dosen pembimbing dan penguji serta kerabat yang hadir mendukung secara langsung. Sejak memasuki ruang sidang, Airin tampak tenang. Tidak terlihat gurat gugup pada wajahnya, bahkan saat berhadapan dengan salah satu oponen ahli, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly.

Airin menjawab dengan lugas setiap pertanyaan yang diajukan padanya. Setelah Airin menjalani Sidang Doktoral, jajaran profesor penguji dan promotor menyatakan Airin resmi menyandang Gelar Doktor Ilmu Hukum dengan predikat Cum Laude. Airin menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran oponen ahli, dosen pembimbing, orang tua, suami, dan anak-anaknya. 

“Terima kasih atas dukungan dan motivasi yang sangat luar biasa. Yang sudah mengingatkan saya untuk bisa menyelesaikan,” ujarnya.

Dilansir dari Antara, Airin menjadi Walikota Tangerang Selatan selama dua periode. Sepanjang perjalanannya, ia mengatakan, selalu berupaya menjadi ibu bagi warganya.

“Menjadi Walikota Tangerang Selatan, itu seperti ibu yang memiliki anak belum berumah tangga,” tutur Airin 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *