FX Rudy Usul Pekerja Nekat Mudik Tak Dapat THR

0
63
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Kamis (24/10/2019). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Bayu Ardi Isnanto – detikNews

Sabtu, 04 Apr 2020 19:42 WIB

Solo – Wali Kota SoloFX Hadi Rudyatmo meminta pemerintah pusat tegas melarang para perantau mudik ke daerah asalnya. Dia mengusulkan agar para pekerja yang nekat mudik tak mendapatkan jatah Tunjangan Hari Raya (THR).

“Bagi karyawan perusahaan besar kalau mudik nggak diberi THR. Itu pasti nggak akan mudik,” kata Rudy, Sabtu (4/4/2020).

Hal tersebut menyusul pernyataan pemerintah yang mewajibkan perusahaan tetap memberikan THR di tengah pandemi Corona (COVID-19). Dia meminta kebijakan itu dikoneksikan dengan larangan mudik.

“Sekalian saja kebijakan itu dikoneksikan, yang diberi THR yang tidak mudik. Jadi penanggulangan virus ini bareng-bareng, daerah iya, tapi pusat juga,” katanya.

“Mudah-mudahan pada nggak pulang. Namun kalau Pak Jokowi tidak melarang mudik kan jadi mumet (pusing) aku. Harus lebih tegas lah,” kata Rudy.Dia mengaku pusing dengan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak melarang orang mudik. Dia berharap kota-kota episentrum COVID-19 melakukan pembatasan ketat agar perantau tidak mudik.

Dia pun saat ini telah membuat kebijakan agar warganya mau tetap berada di rumah. Salah satunya dengan memberikan bantuan sembako kepada warga miskin dan pekerja di sektor informal.

Kepada warganya, Rudy juga terus mengimbau agar selalu menggunakan masker dan rajin mencuci tangan pakai sabun. Selain itu, masyarakat juga harus saling menjaga jarak fisik dan menjauhi kerumunan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here