Para Ahli Ungkap 2 Gejala Ringan Baru Virus Corona

0
43
Para ahli ungkap 2 gejala ringan baru virus Corona. (Foto ilustrasi: AP Photo)

Jumat, 17 Apr 2020 12:30 WIB

Nafilah Sri Sagita K – detikHealth

Jakarta – Baru baru ini, para peneliti mengungkap dua gejala ringan virus Corona COVID-19. Gejala tersebut menjadi indikator awal seseorang terinfeksi virus Corona COVID-19.

Mengutip Daily Star, studi yang menganalisis 214 pasien positif virus Corona COVID-19 ini diteliti oleh para ahli dari Universitas Sains dan Teknologi Huazhong di Wuhan, China, tempat di mana Corona pertama kali mewabah. Dari 214 pasien yang diwawancara, 36 persen di antaranya memiliki gejala neurologis termasuk sakit kepala, pusing, peradangan otot, dan nyeri saraf.

Dalam beberapa kasus, gejala ini dialami bersamaan dengan gejala pernapasan seperti batuk dan demam. Studi tersebut dipublikasikan dalam JAMA Neurology.

“Beberapa pasien tanpa gejala khas (demam, batuk, anoreksia, dan diare) COVID-19 datang ke rumah sakit dengan hanya manifestasi neurologis sebagai gejala,” demikian laporan para peneliti yang dipimpin oleh Ling Mao.

“Oleh karena itu, untuk pasien dengan virus Corona COVID-19, kita perlu memperhatikan manifestasi neurologis mereka, terutama bagi mereka dengan infeksi parah, yang mungkin berkontribusi pada kematian mereka,” lanjut peneliti.

Disebutkan pula selama pandemi Corona masih berlangsung, penting untuk selalu melihat kondisi pasien terkait dengan gangguan pada ‘neurologis’ mereka demi menghindari keterlambatan diagnosis.

“Selain itu, selama periode epidemi COVID-19, ketika melihat pasien dengan manifestasi neurologis ini, dokter harus mempertimbangkan infeksi SARS-CoV-2 sebagai diagnosis diferensial untuk menghindari keterlambatan diagnosis atau kesalahan diagnosis dan pencegahan penularan,” ungkap penelitian tersebut.

“Secara umum, semakin parah infeksi menjadi, semakin sering dan intens komplikasi neurologis menjadi.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here