Orang Terkaya Dunia Jual Saham Carrefour Rp 12 T, Ada Apa Nih?

0
18
Bernard Arnault/Foto: Getty Images

Achmad Dwi Afriyadi – detikFinance

Kamis, 02 Sep 2021 08:52 WIB

Jakarta – Orang terkaya di dunia, Bernard Arnault menjual seluruh saham Carrefour. Investasi yang dilakukan 14 tahun lalu itu berpotensi diambil perusahaan Kanada, Couche-Tard.

Dilansir Reuters, Kamis (2/9/2021), Arnault yang juga duduk sebagai Chairman dan CEO Louis Vuitton Moet Hennessy (LVMH) memegang 5,7% saham Carrefour melalui Financière Agache. Dari penjualan tersebut, Arnault meraup 724 juta euro (US$ 854 juta) atau setara dengan Rp 12,2 triliun (kurs Rp 14.300).

Saham tersebut dijual dengan harga 16 euro per saham. Arnault, bersama Colony Capital dan Axon Capital pertama kali mengambil 9,8% kepemilikan saham tersebut pada 2007 dengan harga rata-rata 47 euro per saham.

Sumber mengatakan, Agache tidak mengalami kerugian selama bertahun-tahun karena mendapat dividen. Meski, analis di Bryan Garnier memperkirakan dia akan merugi.

Arnault merupakan satu dari tiga pemegang saham terbesar di Carrefour. Selain Arnault, ada keluarga Moulin dan pengusaha Brasil Abilio dos Santos Diniz.

Agache menyatakan akan memfokuskan kembali investasinya. Grup ini telah memiliki saham di bidang mode dan mengambil saham produsen sandal Birkenstock pada bulan Februari.

Pelepasan saham ini tepat saat perombakan Carrefour di bawah Chairman and Chief Executive Alexandre Bompard yang telah membuahkan hasil.

“Selama empat tahun terakhir, Carrefour telah mencapai pemulihan yang luar biasa di bawah manajemen Alexandre Bompard,” kata Arnault dalam sebuah pernyataan.

“Setelah 14 tahun selama … kami telah memutuskan untuk mengejar reorientasi investasi kami,” sambungnya.

Carrefour memperbarui mandat Bombard sebagai pimpinan selama tiga tahun pada bulan Mei. Dia telah mempelopori pemotongan biaya dan dorongan e-commerce untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here