Brasil Tangguhkan 12 Juta Dosis Vaksin Sinovac, Ada Apa?

0
11

Minggu, 05 Sep 2021 07:03 WIB

Nafilah Sri Sagita K – detikHealth

Jakarta – Brasil menangguhkan lebih dari 12 juta vaksin Sinovac per Sabtu kemarin. Vaksin COVID-19 yang dikembangkan perusahaan farmasi China Sinovac Biotech tersebut diproduksi di pabrik yang tidak sah, demikian informasi regulator kesehatan Brasil, Anvisa.

Dikutip dari Reuters, Anvisa diperingatkan pada Jumat, oleh Institut Butantan San Paulo pusat medis yang bermitra dengan Sinovac. Diminta untuk mengisi dan menyelesaikan vaksin secara lokal dari 25 batch atau 12,1 juta dosis vaksin Sinovac yang dikirim ke Brasil dari buatan pabrik yang tidak sah.

“Unit manufaktur … tidak diperiksa dan tidak disetujui oleh Anvisa dalam otorisasi penggunaan darurat vaksin yang disebutkan,” kata Anvisa.

“Larangan itu adalah tindakan pencegahan untuk menghindari paparan populasi terhadap kemungkinan risiko yang akan segera terjadi,” tambahnya.

Sementara itu, Butantan juga mengatakan kepada Anvisa ada 17 batch lainnya dengan total 9 juta dosis diproduksi di pabrik yang sama. Vaksin Sinovac tersebut sedang dalam perjalanan ke Brasil.

Masa penangguhan vaksin Sinovac tersebut ditetapkan selama 90 hari. Selama itu Anvisa akan memeriksa pabrik dan mencari tahu lebih banyak tentang keamanan proses manufaktur.

Belum bisa dipastikan risiko apa yang muncul pada total dosis vaksin Sinovac tersebut, sehingga investigasi lebih lanjut perlu dilakukan.

Program vaksinasi di Brasil sebagian besar memakai vaksin Sinovac. Kasus COVID-19 per Sabtu kemarin bertambah 21 ribu, dan ada 692 orang meninggal karena Corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here