Ini Dugaan Penyebab 7 Petugas KPP Bandara Hasanuddin Tertular Corona

0
50

Muhammad Taufiqqurrahman – detikNews

Senin, 13 Apr 2020 12:44 WIB

Makassar – Tujuh petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar yang bertugas di Bandara Sultan Hasanuddin terkonfirmasi positif Corona. Mereka diduga tertular dari lingkungan sekitar.

“Kan gini, kita kan sudah transmisi lokal kemungkinan besar dari lingkungan sekitar,” kata Kepala KKP Makassar, Darmawali Handoko saat dikonfirmasi detikcom, Senin (12/04/2020).

Meski petugas tersebut diduga tertular dari lingkungan sekitar, Handoko memastikan wilayah sekitar bandara Sultan Hasanuddin aman. Hal ini dikarenakan tidak ada di sektor lain yang mendapatkan gejala yang sama.

“Kan Makassar sudah transmisi lokal. Sebenarnya kan bandara sudah ada yang mirip lingkungan karena di sana ada orang jualan, ada yang berangkat dan pergi dan bukan daerah yang restricted area,” kata dia.

“Sektor lain misalnya apsek tidak masalah,” imbuhnya

Oleh karenanya dia telah mewajibkan seluruh anggota KKP untuk menggunakan masker dan tidak hanya pada waktu kerja.

Tindak lanjutnya, kata Handoko adalah pihaknya melakukan tracing dan memeriksa 21 orang lainnya untuk melakukan tes swab dan hasilnya negatif.

“Secara berkala kita lakukan swab. Ketujuh orang ini gejalanya ringan sekali hanya pernah demam. Jadi isolasi mandiri dan pembatasan tidak melakukan kontak dengan orang lain,” terangnya.

Sebelumnya, 7 anggota KKP Klas I Makassar ini dinyatakan positif Corona setelah menjalani pemeriksaan swab beberapa waktu lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here