Nas Daily Cerita Hilirisasi Nikel Jokowi yang Bisa Bikin Negara Kaya

0
78

Aulia Damayanti – detikFinance
Rabu, 15 Feb 2023 11:37 WIB

Jakarta – Vlogger ternama, Nas Daily dalam sepekan ini tengah melakukan perjalanan di Indonesia. Melalui Instagramnya, ia bercerita bagaimana budaya, makanan, dan wisata di Indonesia.
Ia juga bercerita mengenai program hilirisasi yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Berdasarkan salah satu videonya, vlogger dengan nama Nurseir Yassin bercerita bahwa salah satu bahan baku mobil listrik yakni nikel melimpah di Indonesia.

“Tahukah Anda bahwa sebagian besar bahan baku produksi Tesla hanya dari satu negara dan Anda tidak akan pernah menebak negara mana. Bahan bakunya itu sangat sulit didapatkan, kira kira 25% nikel di dunia hanya ada di satu negara, selamat datang di Indonesia,” ujarnya dalam video yang diunggah di Instagramnya, dikutip Rabu (15/2/2023).

Nas Daily juga menyelipkan kritik berkaitan dengan Indonesia yang dahulu hanya mengekspor nikel mentah saja. Sedangkan Eropa yang menerima bahan baku itu digunakan untuk membuat mobil.

“Eropa menjual mobil untuk mendapatkan banyak uang, sedangkan negara pemilik nikel hanya mendapatkan sedikit uang. Perdagangan dunia ini rusak,” lanjutnya.

Kebijakan hilirisasi nikel yang diprogramkan pemerintah Indonesia mendorong perusahaan kendaraan listrik untuk membangun pabrik baterai di tanah air. Jadi, dengan begitu, program tersebut bisa mencetak lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan negara.

“Setiap mobil baru yang kamu beli akan membuat banyak negara jadi kaya. Seperti itulah perdagangan global seharusnya berjalan. Setiap baterai dibuat dengan nikel ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here