Menyoal Sakit Jantung, Pemicu Chef Haryo Meninggal Pasca Ngeluh Menggigil

0
51

Nafilah Sri Sagita K – detikHealth
Jumat, 22 Des 2023 08:00 WIB

Jakarta – Chef Haryo meninggal dunia pada Kamis (21/12/2023). Menurut penuturan istri, Josephine Imelda, dirinya sebetulnya sudah lama mengidap penyakit jantung. Kurang lebih selama dua tahun. Sebelum mengembuskan napas terakhir, Chef Haryo disebut sempat mengeluh menggigil, suhu badan dilaporkan kerap naik-turun.
“Jadi memang udah lama sakit jantung. 2 tahunan ini suka kambuh cuma dari kemarin dia tuh merasa menggigil badannya, mungkin karena dia terlalu kedinginan jadi dia berapa hari ini panasnya naik-turun. Kita kasih obat biasa saja tapi indikasi dia sesak napas karena nggak bilang itu,” kata Josephine Imelda di kawasan Cibubur, Gunung Putri, Bogor pada Kamis (21/12/2023), dikutip dari detikHot.

Sempat hendak dibawa ke RS, tetapi mendiang Chef Haryo disebut terjatuh dan dalam kondisi badan membiru. Saat itu, Josephine meyakini suaminya sudah meninggal dunia.

Josephine mengaku tak menyangka Chef Haryo meninggal karena penyakit jantung lantaran gejala yang dikeluhkan tak seperti biasanya.

“Iya saya anggapnya demam biasa karena bukan kayak orang atau gejala sesak napas atau apa itu enggak, cuma dia kalau saya pulang kerja dia bilang ‘sudah enakan badannya’ tapi kok setiap malam naik (suhu),” lanjut dia.

Dikutip dari Pusat dan Pengendalian Pencegahan Penyakit AS (CDC), penyakit jantung kerap tidak disadari lantaran termasuk ‘silent killer’ yang bisa mendadak memicu kondisi fatal. Sering tidak terdiagnosis.

Namun, ada sejumlah jenis penyakit jantung yakni aritmia, serangan jantung, hingga gagal jantung. Ketiga penyakit tersebut biasanya dilatarbelakangi tekanan darah tinggi, kolesterol, sampai merokok.

Faktor risiko lainnya meliputi:

Diabetes
Berat badan berlebih atau obesitas
Pola makan yang tidak sehat
Kurang aktivitas fisik
Penggunaan alkohol berlebihan
Gejala Penyakit Jantung
Serangan jantung

Nyeri atau rasa tidak nyaman di dada, nyeri punggung bagian atas atau leher, gangguan pencernaan, mulas, mual atau muntah, kelelahan ekstrem, rasa tidak nyaman di tubuh bagian atas, pusing, dan sesak napas.

Aritmia

Perasaan berdebar-debar di dada (palpitasi).

Gagal jantung

Sesak napas, kelelahan, atau pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, tungkai, perut, atau pembuluh darah leher.

Apakah Menggigil Termasuk Gejala Sakit Jantung?

Keringat dingin atau menggigil bisa menjadi salah satu tanda awal serangan jantung. Jika hal ini terjadi segera setelah mengalami nyeri dada yang ekstrem, sesak napas, dan jantung berdebar-debar, sebaiknya segera mencari bantuan medis darurat.

Namun, keringat dingin juga bisa diartikan sebagai flu. Kemungkinan besar pada pasien flu, mereka akan mengalami nyeri otot dan periode menggigil serta berkeringat saat demam datang dan pergi, demikian perbedaannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here