Mengenal Deltacron, Kombinasi Mutasi Varian Delta dan Omicron

0
42

Senin, 14 Mar 2022 08:31 WIB

Khadijah Nur Azizah – detikHealth

Jakarta – Ilmuwan menemukan varian kombinasi Delta dan Omicron ‘Deltacron’ yang bersirkulasi di sejumlah wilayah. Varian Deltacron sejauh ini sudah terdeteksi di wilayah Eropa dan Amerika Serikat.
“Rekombinan ini muncul ketika lebih dari satu varian menginfeksi dan bereplikasi pada orang yang sama, dalam sel yang sama,” kata Prof Lawrence Young, ahli virologi di University of Warwick dikutip dari The Guardian, Senin (14/3/2022).

Lembaga Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID) juga telah mengumumkan temuan Deltacron melalui situs resminya. GISAID menyebut, analisis sementara memberikan informasi bahwa Deltacron diturunkan dari galur GK/AY.4 dan GRA/BA.1.

Haruskah Khawatir?
Para ahli menekankan bahwa varian rekombinan seperti Deltacron bukan yang pertama dan tidak akan menjadi varian hybrid yang terakhir terjadi untuk COVID.

“Ini terjadi setiap kali kita berada dalam periode peralihan dari satu varian dominan ke varian lain, dan biasanya merupakan keingintahuan ilmiah tetapi tidak lebih dari itu,” kata Eks Pimpinan Inisiatif Genomik Covid-19 di Wellcome Trust Sanger Jeffrey Barrett.

Namun, dengan hanya sejumlah kecil kasus Deltacron yang teridentifikasi sejauh ini, belum ada cukup data tentang tingkat keparahan varian atau seberapa baik vaksin melindungi dari varian ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here