Kisah Habib Assegaf: Langgar PSBB, Lawan Petugas hingga Akhirnya Dilaporkan

0
5

Tim Detikcom – detikNews

Jumat, 22 Mei 2020 08:15 WIB

Surabaya – Aksi pria bergamis memarahi hingga mendorong petugas PSBB Surabaya viral di media sosial. Siapa pria bergamis tersebut?

Rupanya pria tersebut diketahui bernama Umar Assegaf, Pengasuh Majelis Roudhotus Salaf, Bangil, Pasuruan. Pria yang sering disebut Habib Umar Assegaf memarahi petugas PSBB di pos check point exit Tol Bundaran Satelit, Surabaya.

Petugas PSBB menghentikan kendaraan Toyota Camry dengan Nopol N 1 B dari arah Malang yang akan masuk Kota Surabaya. Namun karena sang sopir tidak mengenakan masker, dan jumlah penumpang mobil melebihi kapasitas, kendaraan tersebut diminta putar balik.

Pria bergamis tersebut lalu turun dari mobil dan memarahi hingga mendorong petugas. Banyak yang meyakini bahwa pria tersebut merupakan Habib Umar Assegaf, Pengasuh Majelis Roudhotus Salaf, Bangil, Pasuruan.

Dalam video yang viral di media sosial, tampak sang habib juga berkali-kali mendorong petugas dan sempat mengacungkan kepalan tangan. Ia tak terima disuruh putar balik sama petugas setelah melanggar aturan PSBB.

Puncaknya, habib itu mendorong seorang petugas Satpol PP. Petugas Satpol PP pun sempat terpancing dengan mendorong balik. Bahkan keduanya nyaris terlibat adu pukul di lokasi.

“Kejadiannya Rabu (20/5) sekitar jam 5 sore,” kata Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, Kompol Teddy Candra. saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (21/5/2020).

Teddy menjelaskan, sang habib marah-marah karena tidak terima disuruh putar balik oleh petugas di pos check point, karena tidak mematuhi aturan PSBB.

“Kita sendiri tidak bisa menginterogasi, karena memang kejadiannya seperti itu, jadi intinya itu kan pos check point, petugas di sana kan tidak hanya polisi. Dalam kondisi PSBB saat ini yang diterjunkan dari Pemkot Surabaya ada Satpol PP, sementara TNI-Polri back up. Pada intinya kalau menurut laporan anggota, kendaraan tersebut keluar dari exit Tol Bundaran Satelit menuju Kota Surabaya,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here