KESEHATAN

Kasus Kanker Anak RI Masih Tinggi, Menkes Tegaskan Pentingnya Deteksi Dini

Hana Nushratu – detikHealth
Rabu, 15 Feb 2023 16:17 WIB

Jakarta – Penyakit kanker tidak hanya menyerang orang dewasa, namun juga anak-anak. Jumlah kasus kanker anak di Indonesia diprediksi mencapai puluhan ribu per tahunnya.
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam agenda Hari Kanker Anak Internasional 2023 ‘Through Their Hands’ di detikcom mengatakan setiap tahun ada sekitar 389 ribu pasien kanker yang teridentifikasi kanker di Indonesia. Dari jumlah tersebut, sekitar 3 persen di antaranya adalan kasus kanker anak.

“Setiap tahun yang teridentifikasi kanker di indonesia 389-an ribu setahun itu untuk seluruh cancer. Anak-anak kasus barunya sekitar 11 ribu, 3 persen dari total kasus, tapi diprediksi angkanya jauh lebih banyak dari ini,” ujar Menkes dalam Webinar Hari Kanker Anak Internasional 2023 #throughtheirhands di detikcom, Rabu (15/2/2023).

Menkes menambahkan di Indonesia, survival rate atau angka kesembuhan pasien kanker hanya sekitar 30 persen. Jauh berbeda dari luar negeri yang bisa mencapai 70 persen.

Kondisi tersebut didasari karena penanganan dan pengobatan kanker cenderung dilakukan pada stadium lanjut sehingga tingkat kesembuhan pasien menjadi jauh lebih rendah. Belum lagi beban biaya yang harus dikeluarkan pasien kanker akan jauh lebih besar ketika diketahui saat stadium lanjut.

“Yang paling penting adalah deteksi dini, bukan pengobatan. Paling penting promotif-preventif, bukan kuratif,” ucapnya.

Kanker Bisa Disembuhkan

Budi menuturkan bahwa kanker bisa disembuhkan, asal diagnosisnya lebih awal. Maka dari itu, ia mengimbau agar seluruh pihak menggunakan sosial media untuk meningkatkan kesadaran akan diagnosis dini kanker anak.

Sejauh ini Kemenkes sudah melakukan upaya promotif preventif untuk skrining kanker khususnya leukemia yang bisa dilakukan di Puskesmas. Harapannya adalah agar penyakit ini semakin dini terdeteksi sehingga tingkat kesembuhannya bisa lebih tinggi.

“Saya percaya kalau ini bisa dijalani, kita akan mengatasi kanker anak. Anak-anak kita akan hidup sehat, dan usia lebih panjang dan membawa Indonesia menjadi lebih maju,” pungkas Budi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *