Karyawan Pinjol di PIK Jakut Kerja 10 Jam Setiap Hari, Gajinya Rp 3 Juta

0
46

Yogi Ernes – detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 07:28 WIB

Jakarta – Polda Metro Jaya menggerebek kantor pinjaman online (pinjol) ilegal di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Kantor pinjol tersebut mempekerjakan 98 orang karyawan dengan gaji rata-rata Rp 3 juta.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan mengatakan kantor pinjol ‘ScoreOne’ ini beroperasi nonstop setiap hari. Para karyawannya bekerja selama 10 jam setiap hari.

“Kegiatan yang dilakukan pinjol di tempat ini tiada henti dalam 1 minggu. Mereka beroperasi terus setiap hari mulai jam 9.00 pagi sampai jam 7.00 malam,” ujar Zulpan kepada wartawan di lokasi, Rabu (26/1/2022) malam.

Kantor pinjol tersebut beroperasi sejak Desember 2021 lalu. Kantor penagihan pinjol ini mengelola 14 aplikasi pinjol.

“Ada 14 aplikasi yang mereka kelola di sini, di antaranya adalah Dana Aman, Uang Rodi, Pinjaman Terjamin, Go Kredit, Dana Induk, kemudian Dana Online dan sebagainya,” ujarnya.

Pekerjakan Anak di Bawah Umur
Dari hasil pemeriksaan di lokasi, polisi mendapatkan temuan lain. Mayoritas pekerja di kantor pinjol tersebut ternyata masih di bawah umur.

Polisi pun mengimbau para orang tua untuk lebih mengawasi anak-anaknya agar tidak tersandung persoalan hukum gegara pinjol ini.

“Karena di sini kita lihat banyak yang bekerja adalah anak-anak di bawah umur. Dan ini mereka memiliki kekurangan pengetahuan terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan secara ilegal ini. Jadi agar orang tua juga meningkatkan pengawasan kepada anak-anaknya agar tidak tersandung persoalan hukum,” bebernya.

Digaji Rp 3 Juta

Sementara itu, seorang karyawan bernama Alya (19) mengaku baru sehari bekerja di kantor pinjol itu. Alya tertarik bekerja di sana karena tawaran gaji yang lumayan.

“Ya iming-iming gaji sih. Gajinya lumayanlah buat kita. Kisaran Rp 3 juta,” tutur Alya.

Hal senada disampaikan oleh pegawai pinjol bernama Alfa (18). Dia mengaku persyaratan masuk kerja di kantor pinjaman online ilegal itu tidak rumit.

“Baru lulus dan tergiur mudah masuknya. Nggak ada syaratnya,” katanya.

Alfa sama seperti dengan Alya. Dia diiming-imingi gaji sebesar Rp 3 juta untuk bekerja di kantor tersebut.

“Kita lihat gaji gede aja sih dan diajak temen. (Gaji) rp 3 juta,” tutur Alfa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here