Warga Mulai Sulit Cari RS, Begini Data Ketersediaan Bed Isolasi RS COVID di DKI

0
88

Haris Fadhil – detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 12:55 WIB

Jakarta – Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit (RS) COVID-19 Jakarta mencapai 45% dan BOR ICU 14%. Bagaimana ketersediaan tempat tidur ruang isolasi di RS rujukan COVID di Jakarta?
Informasi soal BOR isolasi di RS rujukan COVID-19 itu disampaikan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Dinkes DKI menegaskan BOR saat ini masih terkendali.

“Untuk keterisian ICU itu 14%, keterisian isolasi 45%,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia kepada wartawan, Kamis (27/1/2022).

“Jadi saat ini di angka keterisian 45% relatif kondisinya masih cukup bisa kendalikan di dalam lingkungan faskes untuk kasus yang perlu perawatan. Untuk ICU masih oke, keterisian ICU di 14%,” sambungnya.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Abraham Wirotomo mengungkapkan masyarakat mulai kesulitan mencari rumah sakit, khususnya di Jakarta. Dia mengatakan hal ini terjadi karena rumah sakit yang sudah mulai penuh akibat peningkatan kasus COVID-19.

“Data per Rabu (26/1) kemarin, BOR RS di Jakarta mencapai 45 persen. Dan KSP sudah mulai menerima laporan warga yang kesulitan mencari rumah sakit,” kata Abraham dalam keterangan tertulis.

Data ketersediaan tempat tidur di RS rujukan COVID-19 di Jakarta dapat dilihat di situs corona.jakarta.go.id. Total, ada data ketersediaan tempat tidur dari 194 rumah sakit yang ditampilkan dalam situs ini.

“Informasi dalam dashboard ini dikirimkan oleh Rumah Sakit di Jakarta dengan metode integrasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dengan Dashboard Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sehingga informasi yang ditampilkan sesuai dengan informasi yang dikirimkan oleh pihak Rumah Sakit,” demikian tertulis dalam situs tersebut.

Berikut ini data ketersediaan tempat tidur ruang isolasi dan ICU di 194 rumah sakit Jakarta seperti dilihat detikcom pukul 12.34 WIB, Kamis (27/1):

ICU tekanan negatif dengan ventilator: 134 tersedia, sisa kapasitas 105%
ICU tekanan negatif tanpa ventilator: 19 tersedia, sisa kapasitas 56%
ICU tanpa tekanan negatif dengan ventilator: 20 tersedia, sisa kapasitas 47%
ICU tanpa tekanan negatif tanpa ventilator: 22 tersedia, sisa kapasitas 69%
Kamar isolasi tekanan negatif: 285 tersedia, sisa kapasitas 38%
Kamar isolasi tanpa tekanan negatif: 524 tersedia, sisa kapasitas 57%

Data lengkap keterisian tempat tidur di rumah sakit yang ada di Jakarta dapat dilihat di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here