China Laporkan 46 Kasus Baru Virus Corona dalam Sehari

0
64
ustrasi -- Situasi di kota Wuhan, Provinsi Hubei, saat lockdown dicabut (AP Photo/Ng Han Guan)

Novi Christiastuti – detikNews

Sabtu, 11 Apr 2020 14:54 WIB

Beijing – Otoritas China melaporkan sedikit kenaikan dalam jumlah kasus baru virus Corona (COVID-19) di wilayahnya. Sedikitnya 46 kasus baru, sebagian besar kasus impor, terdeteksi dalam sehari di wilayah China daratan saat negara itu berjuang menangkal gelombang kedua virus Corona.

Seperti dilansir kantor berita Xinhua News Agency dan Reuters, Sabtu (11/4/2020), Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) melaporkan 46 kasus baru terdeteksi sepanjang Jumat (10/4) waktu setempat. Jumlah ini sedikit meningkat jika dibandingkan sehari sebelumnya dengan 42 kasus baru.

Empat kasus domestik atau penularan lokal dilaporkan muncul di Guangdong — 3 kasus dan Heilongjiang — satu kasus.

Sekitar 42 kasus lainnya merupakan kasus impor atau kasus yang muncul dari orang-orang yang tertular di luar negeri lalu datang ke China. Jumlah kasus impor semakin hari semakin bertambah di China daratan, dengan kini mencapai 1.183 kasus.

Pembatasan perjalanan dan transit yang diberlakukan sejak Januari lalu, telah membantu mengurangi jumlah kasus baru di China daratan. Beberapa waktu terakhir, otoritas China mengkhawatirkan datangnya gelombang kedua virus Corona yang dibawa oleh orang-orang yang baru tiba di negara itu dari luar negeri.

Data untuk kasus tanpa gejala (astymptomatic) yang mulai dilaporkan otoritas China, juga semakin menambah kekhawatiran tersebut. Data terbaru NHC menyebut 34 kasus baru tanpa gejala terdeteksi dalam sehari, sehingga total 1.092 kasus tanpa gejala masih ada di bawah pengawasan medis di China daratan.

Otoritas Provinsi Heilongjiang melaporkan lonjakan kasus baru beberapa waktu terakhir. Sebagian besar kasus baru muncul dari warga China yang baru kembali dari Rusia dengan melewati perlintasan perbatasan di provinsi tersebut. Otoritas kesehatan provinsi ini melaporkan adanya 22 kasus baru sepanjang Jumat (10/4), yang semuanya melibatkan warga China yang baru pulang dari Rusia. Hanya ada satu domestik di provinsi ini.

Total kasus virus Corona di wilayah China daratan kini mencapai 81.953 kasus. Sementara jumlah korban meninggal mencapai 3.339 orang, dengan adanya tiga kematian baru yang semuanya terjadi di Provinsi Hubei — lokasi awal terdeteksinya virus Corona

Sedikitnya 70 pasien dipulangkan dari rumah sakit sepanjang Jumat (10/4) waktu setempat, sehingga total sudah 77.525 pasien virus Corona dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit sejauh ini. Sisanya, sebanyak 1.089 pasien lainnya masih menjalani perawatan medis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here