Rumah Sakit COVID-19 Terbakar, Dokter Rumania Dipuji sebagai Pahlawan

0
8

Rita Uli Hutapea – detikNews

Senin, 16 Nov 2020 15:38 WIB

Jakarta – Seorang dokter yang terbakar parah dalam kebakaran rumah sakit di Rumania dipuji sebagai pahlawan dalam insiden yang menewaskan 10 orang itu. Sebabnya, sang dokter telah mencoba membantu menyelamatkan pasien-pasien COVID-19.

Setelah menderita luka bakar tingkat dua dan tiga pada 40 persen tubuhnya, dokter tersebut dipindahkan ke rumah sakit militer Ratu Astrid pada hari Minggu (15/11) untuk perawatan khusus. Oleh media lokal, dokter tersebut diidentifikasi sebagai Catalin Denciu.

“Saya mengungkapkan rasa hormat saya kepada dokter heroik yang menunjukkan keberanian khusus dan semangat pengorbanan dalam mencoba menyelamatkan pasien,” kata Perdana Menteri Ludovic Orban kepada media lokal, seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (16/11/2020).

Pujian senada digaungkan oleh serikat dokter dan media-media lokal.

Sepuluh orang yang menderita COVID-19 tewas dalam kebakaran pada Sabtu (14/11) malam di unit perawatan intensif sebuah rumah sakit di kota timur laut Piatra Neamt. Ketujuh pria dan tiga wanita itu berusia antara 67 hingga 86 tahun, kata rumah sakit itu.

Enam orang lainnya terluka parah.

Jaksa Agung telah membuka penyelidikan atas tragedi itu, sementara Kementerian Kesehatan menyatakan kebakaran itu mungkin disebabkan oleh korsleting listrik.

Kebakaran itu mengingatkan kembali pada kebakaran paling mematikan di Rumania sebelumnya, di klub malam Colectiv Bucharest pada Oktober 2015, yang menewaskan 64 orang. Insiden itu memicu amarah publik yang mempertanyakan bagaimana hal itu bisa terjadi.

Seorang yang selamat dari tragedi itu, Alexandra Furnea, meminta pihak berwenang “untuk melakukan apa yang tidak mereka lakukan untuk kami” dan menunjukkan bahwa pelajaran telah dipetik selama lima tahun terakhir.

“Jangan bersembunyi di balik kebohongan demi kepentingan diri sendiri, jangan menyebutkan protokol yang ketinggalan zaman untuk membenarkan kejahatan,” tulis Furnea dalam sebuah postingan di Facebook.

Media lokal melaporkan bahwa penyelidikan awal menunjukkan bahwa rencana keselamatan kebakaran untuk lantai dua gedung, tempat kebakaran terjadi, belum diperbarui selama 30 tahun.

Dalam postingan Facebook lainnya, korban selamat lainnya, Colectiv Mihai Grecea menyerukan pengunduran diri Menteri Kesehatan Nelu Tataru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here