Cegah Corona, Rektor Unand Imbau Civitas tak ke Luar Negeri

0
69
Virus Corona

Senin 02 Mar 2020 13:13 WIB

Rep: Febrian fachri/ Red: Dwi Murdaningsih

Rektor Unand mengeluarkan surat edaran untuk mengantisipasi virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Rektor Universitas Andalas (Unand) Yuliandri meminta seluruh civitas akademika Unand supaya menangguhkan perjalanan keluar negeri. Terutama ke negara-negara yang sudah tercatat terdampak virus corona.

Bila ada civitas akademika Unand yang baru saja kembali dari perjalanan luar negeri, menurut Yuliandri agar segera melakukan isolasi diri di rumah masing-masing selama paling lama 14 hari. Bila mengalami gejala demam, batuk-batuk dan sesak nafas, menurut Yuliandri harus segera memeriksakan diri ke Rumah Sakit Unand.

Yuliandri mengeluarkan surat edaran guna kesiapsiagaan menghadapi corona yang ini menggemparkan dunia. Namun, Yuliandri juga meminta seluruh civitas akademika Unand agar tidak panik dan selalu melakukan aktivitas pencegahan penularan penyakit mematikan tersebut.

“Seluruh civitas akademika Universitas Andalas supaya jangan panik. Lakukan pencegahan salah satunya dengan menjaga kebersihan. Cuci tangan rutin membilas dengan sabun, dan cegah kontak dengan penderita batuk atau pilek,” kata Yuliandri, melalui salinan surat edaran dari Rektor Unand yang diterima Republika.co.id, Senin (2/3).

Rektor juga menyarankan seluruh civitas akademika Unand agar menggunakan masker bila mengalami batuk dan pilek. Bila batuk disarankan agar menutup mulut dan hidung dengan tisu.

Yuliandri menyebut kasus covid-19 kini sudah merebak ke beberapa negara. Sebut saja Cina, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Prancis, Inggris, Italia, Spanyol, Belanda, Kroasia, Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Mesir, Iran, India, dan Australia.

WHO juga sudah menetapkan covid-19 sebagai public health emergency international concern. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan juga sudah menetapkan covid-19 sebagai penyakit yang dapat menimbulkan wabah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here