Biaya UKT-Uang Pangkal Unpad Mahal, Mahasiswa Bisa Ajukan Penyesuaian

0
29
Kampus Unpad (Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom).

Siti Fatimah – detikNews

Senin, 24 Agu 2020 13:28 WIB

Bandung – Universitas Padjadjaran (Unpad) telah merilis biaya pendidikan tahun akademik 2020/2021. Ada tiga jalur penerimaan sarjana yang ditetapkan pembayarannya secara berbeda-beda.

Jalur seleksi mandiri yang telah diumumkan Minggu (23/8) kemarin memiliki besaran biaya pendidikan yang berbeda. Selain biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa yang lolos jalur mandiri juga dikenakan biaya pangkal atau pembangunan.

Kepala Kantor Komunikasi Unpad Dandi mengatakan besaran biaya masing-masing mahasiswa dengan berbagai macam Fakultas dan Program Studi dapat dilihat di smup.unpad.ac.id/biaya-pendidikan.

“Pada dasarnya senilai UKT kelas paling tinggi di SNMPTN/SBMPTN. Tapi dimungkinkan adanya penyesuaian UKT untuk orang-orang yang kurang mampu,” kata Dandi saat dihubungi detikcom, Senin (24/8/2020).

Dilihat detikcom dalam laman resmi biaya pendidikan Unpad terdapat dua jenis biaya yaitu UKT/per semester dan dana pembangunan atau uang pangkal. Biaya pendidikan termahal jatuh kepada mahasiswa Jurusan Kedokteran dengan biaya UKT Rp 15 juta per semester dan uang pangkal mencapai Rp 250 juta.

Disusul dengan Jurusan Kedokteran Gigi dengan biaya UKT Rp 13 Juta dan uang pangkal Rp 225 juta. Jurusan terakhir dengan biaya pendidikan Jalur Mandiri tertinggi yaitu Jurusan Farmasi dengan UKT Rp 20 juta dan uang pangkal Rp 100 juta.

Dandi mengatakan, jika mahasiswa baru mengalami kesulitan seputar biaya pendidikan dapat membicarakan hal tersebut dengan pihak Unpad. “Intinya silahkan isi biodata dan upload dokumen, dan berkomunikasi dengan helpdesk,” ujarnya.

Biodata dan upload dokumen yang dimaksud ialah proses registrasi ulang calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus Seleksi Masuk Ujian Mandiri (SMUP) Unpad. Pihaknya memberikan batas waktu dari 24-25 Agustus 2020 untuk melengkapi biodata dan unggah dokumen yang tersedia di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/ maksimal pukul 22.00 WIB.

“Besar jumlah tagihan akan disesuaikan dengan dokumen yang diunggah serta hasil verifikasi. Kesungguhan dan kejujuran mengunggah dokumen akan berpengaruh pada upaya Unpad untuk seoptimal mungkin memfasilitasi segala kondisi calon mahasiswa,” katanya.

Kemudian dari 24-26 Agustus 2020, calon mahasiswa harus melakukan pembayaran uang kuliah baik Dana Pengembangan (DP) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) melalui salah satu bank mitra Unpad. Pihaknya juga memberikan kesempatan untuk membayar Dana Pengembangan setidaknya sebesar 50 persen, sisanya dibayar paling lambat 14 Oktober 2020.

Sementara itu, jalur SNMPTN dan SBMPTN memiliki penggolongan Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester yang dibagi menjadi lima kelompok. Kelompok 1 memiliki besaran UKT Rp 500 ribu, kelompok 2 Rp 1 juta, dan kelompok 3 Rp 2,5 juta. Besaran UKT 3 kelompok itu berlaku sama di tiap fakultas atau program studi.

Terjadi variasi besaran UKT pada kelompok 4 dan 5. Untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN, UKT termahal di Fakultas Kedokteran, yaitu Rp 12 juta pada kelompok 4, dan Rp 15 juta di kelompok 5. Sementara di Fakultas Kedokteran Gigi, UKT kelompok 4 sebesar Rp 9 juta, dan Rp 12 juta di kelompok 5.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here