Cara Meluruskan Arah Kiblat 15 Juli 2021 yang Mudah dan Akurat

0
14
Kakbah yang sepi di masa pandemi Corona (Foto: AP/Pool)

Fitraya Ramadhanny – detikInet

Rabu, 14 Jul 2021 12:15 WIB

Jakarta – Kamis 15 Juli 2021 besok, Matahari tepat di atas Kakbah. Umat Islam bisa meluruskan arah Kiblat. Inilah cara yang mudah, sederhana dan akurat.

Menurut peneliti LAPAN, Andi Pangerang dikutip dari situs resmi LAPAN, Matahari lewat di atas Kakbah 2 kali setahun itu pada 27 Mei dan 15 Juli. Momen ini disebut Qibla Day atau Istiwa’ul Azham alias Great Culmination of Mecca atau Global Rashdul Qibla.

Inilah momen dimana semua umat Islam di dunia bisa meluruskan Kiblat bersama-sama. Mengapa demikian?

Karena sumbu rotasi Bumi miring 66,6º terhadap orbit Bumi, maka terjadi pergerakan semu tahunan Matahari. Padahal selama ini matahari sering jadi patokan umat Islam di dunia untuk mencari Kiblat. Orang Indonesia mencari ke Barat, orang Jerman mencari ke Selatan dan seterusnya.

Saat Matahari di atas Kakbah, maka semua bayangan di Bumi akan mengarah langsung ke Kakbah. Inilah saat yang tepat untuk meluruskan arah Kiblat.

Menurut LAPAN, ada cara mudah dan sederhana untuk melakukannya. Ayo dicoba!

Fenomena matahari tepat di atas Ka'bah jadi acuan untuk mengecek kembali posisi arah kiblat bagi umat Muslim di Indonesia.
Fenomena matahari tepat di atas Ka’bah jadi acuan untuk mengecek kembali posisi arah kiblat bagi umat Muslim di Indonesia. Foto: Lapan

Cara meluruskan arah Kiblat:

  1. Cari dan tentukan tempat yang akan diuji arah Kiblatnya. Cari lokasi yang rata dan lapang, serta tentunya terkena cahaya Matahari. Anda bisa memilih taman, lapangan olahraga, lapangan upacara atau halaman rumah yang terbuka.
  2. Catat jadwal kulminasi Matahari di atas Kakbah, esok hari yaitu pada Kamis, 15 Juli 2021 pukul 09.26 waktu Arab Saudi atau pukul 16.26 WIB / 17.26 Wita / 18.26 WIT.
  3. Manfaatkan tiang yang lurus. Bisa tiang basket, tiang bendera, tiang jemuran, tiang net bulutangkis atau voli, tiang pagar dll. Jika tidak ada, sediakan tongkat yang lurus atau benang dengan bandul. Pasanglah dengan tegak lurus.
  4. Pada saat kulminasi di waktu yang ditentukan, amatilah bayangan pada tiang. Arah Kiblat adalah garis dari ujung bayangan menuju bagian pangkal tiang yang menancap di tanah.

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here