Bruce Willis Idap Afasia, Benarkah Gegara Vaksin dan COVID-19?

0
63

Jumat, 01 Apr 2022 15:54 WIB

Suci Risanti Rahmadania – detikHealth

Jakarta – Aktor Hollywood, Bruce Willis, memilih pensiun dari dunia akting usai didiagnosis mengidap gejala afasia. Kondisi ini dilapotkan membuat Bruce mengalami gangguan dalam kemampuan berpikirnya.
“Ini adalah waktu yang sangat berat bagi keluarga kami dan kami sangat menghargai cinta, kasih sayang, dan dukungan Anda yang berkelanjutan,” tulis pernyataan keluarga Bruce seperti dikutip dari Reuters pada Jumat (1/4/2022).

Apa Itu Afasia?

Afasia merupakan gejala atau gangguan komunikasi yang membuat seseorang kesulitan menggunakan kata-kata lisan atau tulisan. Ini bisa terjadi akibat kerusakan pada bagian otak yang memproses bahasa, biasanya akibat:

Stroke
Infeksi
Peradangan
Pola hidup tidak sehat
“Afasia itu adalah gejala ya bukan diagnosa satu penyakit seperti halnya gejala seperti demam, nyeri, Itu gejala. Penyebabnya ya bisa macam-macam ada infeksi, peradangan macam-macam,” tutur epidemiolog, Dicky Budiman, saat dihubungi oleh detikcom, Jumat (4/1/2022).

Menurut Dicky, kondisi tersebut sangat fatal apabila dialami oleh seorang aktor, seperti halnya Bruce Willis.

“Untuk seorang aktor sekalipun Bruce Willis, kan aktor itu harus bisa berkomunikasi enak kalau terganggu itu berarti akan meninggalkan, makanya disebut fatal buat seorang artis,” katanya.

Benarkah Afasia Disebabkan oleh Vaksin dan Infeksi COVID-19?

Dicky mengungkapkan bahwa kaitannya afasia dengan COVID-19 kemungkinan bisa saja terjadi. Menurutnya, pengidap afasia bisa saja mengalami pemberatan atau perburukan jika terinfeksi COVID-19.

Ia juga menegaskan bahwa vaksin COVID-19 tidak memicu gejala afasia, sehingga masyarakat tak perlu khawatir jika ingin mendapatkan vaksin.

“Bisa jadi gangguan afasia ini diperberat dengan adanya infeksi COVID, bisa jadi ya, bisa terjadi karena sekali lagi kita tidak tahu kondisi pastinya seperti apa tapi kalau dikaitkan ini dengan akibat vaksin ya salah besar ataupun sangat tidak tepat,” kata Dicky.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here