WN Korsel yang Bunuh Diri karena Merasa Corona Dikremasi di Karanganyar

0
75

Bayu Ardi Isnanto – detikNews

Senin, 02 Mar 2020 11:48 WIB

Solo – Seorang perempuan warga negara (WN) Korea Selatan ditemukan tewas bunuh diri karena merasa terpapar Virus Corona atau Covid-19 di Solo. Sebelum dipulangkan ke Korea Selatan, jasad korban berinisial JEH (57) dikremasi terlebih dahulu di Karanganyar.

“Jenazah sudah melalui pemeriksaan dan kita arahkan untuk dikremasi,” ujar Kasubbag Hukum dan Humas RSUD dr Moewardi (RSDM) Solo, Eko Haryati saat dihubungi detikcom, Minggu (1/3/2020).

Abu jenazah JEH kemudian telah diserahkan kepada Kedutaan Besar Korsel untuk dipulangkan ke negara asalnya.

Diwawancara terpisah Ketua Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS) sekaligus Pengurus Rumah Duka Thiong Ting, Sumartono Hadinoto mengungkap proses kremasi berlangsung di krematorium Delingan, Karanganyar pada Kamis (27/2).

“Setelah kami lakukan proses administrasi, jenazah (JEH) langsung dibawa ke Krematorium Delingan, Karangaanyar, tanpa disinggahkan ke Thiong Ting di Jebres, Solo, karena memang tidak ada permintaan apapun dari keluarga yang meninggal untuk persemayaman,” ujar Sumartono kepada detikcom, hari ini.

Eko menambahkan, jasad JEH sebelumnya diperiksa di ruang isolasi RSDM Solo. Sesuai prosedur, penanganan pasien yang sakit dan memiliki riwayat perjalanan dari daerah terpapar Virus Corona harus dimasukkan ke ruang isolasi. JEH pun diketahui sempat berkunjung ke China dan kembali ke Korsel sebelum ke Solo.

Ditambah lagi, JEH dalam catatan yang ditemukan polisi di dekat jenazahnya merasa terkena Virus Corona. Dia juga mengaku sakit iritasi di bagian tenggorokan.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, korban dipastikan negatif Virus Corona,” ujar Eko.

Diberitakan sebelumnya, JEH ditemukan gantung diri di kamar hotelnya. Dalam memonya, dia mengaku terjangkit Virus Corona.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolresta Surakarta, Kombes Andy Rifai. Namun Andy menegaskan bahwa hal tersebut hanya perkiraan dari korban sendiri.

“Itu ternyata dia mengira terkena Virus Corona. Padahal setelah kami cek di RSUD dr Moewardi (RSDM), hasilnya negatif,” ungkap Andy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here