Wali Kota Bandung Kukuhkan Forum Pengurangan Risiko Bencana

0
21

Jumat 01 Oct 2021 06:39 WIB

Rep: fauzi ridwan/ Red: Hiru Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG–Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengukuhkan forum pengurangan risiko bencana di Kota Bandung di pendopo wali kota, Kamis (30/9). Keberadaan forum tersebut diharapkan dapat menjadi mitra strategis pemerintah dalam melakukan mitigasi bencana.

“Saya berharap ketika forum ini sudah dikukuhkan dan jadi organisasi, mereka sebagai mitra kerja Pemkot Bandung ini bisa membantu minimal di dalam mitigasi dari bencana ini dalam konteks pencegahannya,” ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial, Kamis (30/9).

Ia melanjutkan, salah satu kolaborasi yang bisa dilakukan yaitu terus menyosialisasikan kepada masyarakat tentang kesiapan dalam menghadapi bencana. Sebab, peristiwa bencana tidak dapat diprediksi dan diketahui kapan akan terjadi.

“Kita harus mengefektifkan mengoptimalkan edukasi pada masyarakat agar masyarakat betul-betul bisa memahami betapa kita harus siap siaga saat menghadapi bencana. Yang namanya bencana tidak ada yang tahu, itulah yang harus kita ke depankan,” katanya.

Selain itu, ia mengatakan forum tersebut dapat juga memberikan pelatihan kepada masyarakat. Salah satu yang perlu dihadapi saat ini menyambut musim hujan di Kota Bandung.

“Mang Oded selalu menyampaikan pada mereka (Diskar PB dan PU) bahwa yang namanya musim hujan kita harus betul-betul persiapan,” katanya. Dengan kesiapan seperti itu diharapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Oded menambahkan, pihaknya terus memantau potensi bencana ekstrem bekerjasama dengan badan geologi. Sejauh ini, ia menuturkan Kota Bandung relatif dalam kondisi yang aman.”Alhamdulillah selalu terus mendapatkan info-info dan menyampaikan pada Mang Oded Insya Allah di Kota Bandung masih cukup baik aman. Mudah-mudahan aman,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here