Top! RI Buka Hipermarket di Arab Saudi Tahun Ini

0
41

Almadinah Putri Brilian – detikFinance
Selasa, 31 Jan 2023 16:52 WIB

Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) berencana membuka hipermarket di Arab Saudi. Hal ini merupakan salah satu cara Indonesia untuk meningkatkan perjanjian dagang dengan Arab Saudi.
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi menuturkan bahwa ia menargetkan untuk membuka hipermarket di Arab Saudi tahun ini.

“Kalau target sih inginnya pokoknya tahun ini ya, sudah bisa mulai,” tuturnya di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2023).

Dirinya menjelaskan bahwa saat ini masih dalam tahap merealisasikan pembukaan hipermarket di Arab Saudi dan menentukan lokasinya. Adapun lokasi hipermarket tersebut akan ada di Mekah, Madinah, dan Jeddah.

Lebih lanjut, dalam membangun hipermarket ini tentunya terdapat berbagai peraturan yang harus dipenuhi, salah satunya peraturan terkait izin tempat. “Kan kita juga akan menggandeng pengusaha setempat supaya nanti memudahkan proses perizinan di sana. Jadi kerja sama, sifatnya nggak stand alone,” paparnya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan terbang ke Arab Saudi untuk melanjutkan misi dagang di kawasan Timur Tengah. Pria yang akrab dipanggil Zulhas ini mengaku bahwa selama ini cukup sulit untuk membuat perjanjian dagang dengan Arab Saudi.

“Besok saya akan datang ke sana kita usahakan untuk membuka gerai seperti hipermart di Mekah, Madinah dan Jeddah agar nanti para UMKM kita bisa kirim barang ke sana dengan mudah,” ungkapnya dalam sambutannya di Pembukaan Rapat Kerja Bappebti, di Kementerian Perdagangan, Kamis (19/1/2023) lalu.

Hipermarket adalah bentuk pasar modern yang sangat besar, dalam segi luas tempat dan barang-barang yang diperdagangkan.

Zulhas menjelaskan misi dagang ke Arab Saudi merupakan titah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta untuk memperluas kerja sama dagang ke kawasan Timur Tengah. Sebelumnya pihaknya juga telah menyambangi India untuk memperluas kerja sama dagang.

“Arahan bapak presiden agar kita mengembangkan pasar pasar yang baru selain pasar tradisional. Oleh karena itu besok pagi saya akan ke Timur Tengah melanjutkan misi bisnis yang pada waktu itu kita lakukan ke India. Nah besok saya akan pertemuan hari Senin dengan kementerian perdagangan Arab Saudi,” jelasnya.

Ia menyayangkan selama ini Indonesia selalu dipandang sebelah mata oleh Arab Saudi. Padahal menurutnya, banyak warga Indonesia yang datang ke Arab Saudi.

“Walaupun dekat Arab Saudi dengan Indonesia itu tapi dagangnya itu besaran dengan Thailand dan Vietnam. Kita ini masih dilihat dipandang sebelah mata padahal yang banyak datang ke sana itu orang kita yang pakai orang kita, yang belanja orang kita, duitnya dari kita,” lanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here