TomTom Traffic Index 2023: London Termacet di Dunia, Jakarta Nomor 30

0
25

Haris Fadhil – detikNews
Kamis, 11 Jan 2024 10:18 WIB

Jakarta – Jakarta menempati posisi ke 30 pada daftar kota termacet di dunia versi TomTom Traffic Index 2023. Peringkat tersebut menurun jika dibanding pada tahun 2022.
Dilihat detikcom dari situs TomTom, Kamis (11/1/2024), TomTom Traffic memilih dan memberi peringkat pada 387 kota di 55 negara dan 6 benua. Indeks ini ditujukan untuk menentukan peringkat kota-kota tersebut berdasarkan waktu perjalanan rata-rata dan memberikan akses gratis terhadap informasi kota per kota.

“TomTom Traffic Index edisi ke-13 memberikan lebih banyak wawasan dibandingkan sebelumnya, membantu pengemudi atau pejalan kaki, perencana kota, pembuat mobil, dan pembuat kebijakan mengatasi tantangan terkait lalu lintas dan membuat keputusan yang tepat untuk masa depan yang lebih baik,” demikian tertulis dalam situs TomTom.

Indeks Lalu Lintas TomTom didasarkan pada floating car data (FCD). TomTom menyatakan data itu dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menciptakan layanan lalu lintas bagi klien mereka.

“Dalam Indeks Lalu Lintas, kami menggunakan sampel representatif dari data ini, yang mencakup 551 miliar km, untuk menilai dan menunjukkan bagaimana perkembangan lalu lintas di kota-kota di seluruh dunia sepanjang tahun 2023,” tulis TomTom.

TomTom mengatakan waktu perjalanan di kota-kota yang berbeda merupakan hasil dari beberapa faktor, yang dapat dikelompokkan menjadi faktor kuasi-statis seperti infrastruktur jalan, kapasitas, dan batas kecepatan serta faktor dinamis seperti lalu lintas kemacetan dan perubahan arus. Faktor statis menentukan waktu perjalanan optimal di suatu kota, sedangkan faktor dinamis menentukan perubahan arus lalu lintas dan jumlah keduanya menghasilkan waktu perjalanan.

Dalam TomTom Traffic Index 2023, Jakarta menempati posisi ke-30. Peringkat itu turun jika dibanding tahun 2022 yang menempatkan Jakarta kota termacet nomor 29 di dunia. Meski peringkatnya turun, waktu tempuh yang dibutuhkan di Jakarta bertambah.

“Waktu perjalanan meningkat di Jakarta tahun lalu. Data menunjukkan bahwa waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk menempuh jarak 10 km meningkat sebesar 40 detik (dibanding tahun 2022). Waktu dan kecepatan perjalanan didasarkan pada data perjalanan di seluruh dunia yang mencakup 551 miliar (109) km yang dikumpulkan secara anonim sepanjang tahun dari pengemudi di wilayah metropolitan yang lebih besar (metro) atau radius 5 km dari pusat (pusat kota) di seluruh wilayah tersebut. Jaringan jalan yang lengkap – termasuk jalan cepat dan jalan raya yang melintasi area ini,” tulis TomTom.

Lalu, kapan hari paling macet selama 2023 di Jakarta? TomTom menyebut tanggal 9 Maret 2023 merupakan hari terburuk untuk bepergian di Jakarta. TomTom mengatakan pada hari itu pengemudi butuh 30 menit 10 detik untuk menempuh 10 Km.

Berikut daftar 10 kota termacet di dunia versi TomTom Traffic Index 2023:

1. London
2. Dublin
3. Toronto
4. Milan
5. Lima
6. Bengaluru
7. Pune
8. Bucharest
9. Manila
10. Brussels

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here