Tentang Kajari Bantul Positif Corona yang Kini Sembuh

0
51
Ilustrasi Corona (Foto: Getty Images/iStockphoto/andriano_cz)

Tim detikcom – detikNews

Minggu, 05 Apr 2020 08:56 WIB

Yogyakarta – Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Bantul Zuhandi kini dinyatakan sembuh usai terinfeksi virus Corona (COVID-19). Pria yang sempat dirawat di RSUD Panembahan Senopati (RSPS) Bantul itu kini sudah diperbolehkan pulang.

“Iya (Kajari Bantul sembuh). Hasil pemeriksaan lab (laboratorium) kemarin dan diumumkan hari ini (negatif COVID-19),” kata Kasubbag Hukum Pemasaran dan Kemitraan RSUD Panembahan Senopati, Siti Rahayu Ningsih saat dihubungi detikcom, Sabtu (4/4/2020).

Berita mengenai Zuhandi terjangkit COVID-19 ini sebelumnya disampaikan juru bicara gugus tugas percepatan penangan penularan infeksi COVID-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso. Sri menyebut pasien positif COVID-19 yang dirawat di RS Panembahan Senopati (RSPS) Bantul adalah pejabat tertinggi di Kejaksaan Negeri Bantul.

“Beliau (pasien positif COVID-19 yang dirawat di RSPS) adalah pejabat tertinggi di Kejaksaan di Bantul. Iya tahu sendiri kan, kalau pejabat tertinggi (di Kejari Bantul) itu siapa,” ucap Sri saat dihubungi wartawan, Minggu (22/3) lalu.

Zuhandi diketahui terinfeksi virus Corona karena memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta dalam 14 hari sebelum sakit. Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DIY Masyhudi menyebut Zuhadi sempat diduga sakit tifus sehingga masih ada pegawai yang datag menjenguk.

Zuhandi juga sempat bekerja dengan kondisi batuk dan bertemu rekan-rekan lainnya di kantor. Atas saran dari rekan-rekannya, Zuhandi kembali memeriksakan dirinya ke rumah sakit dan dinyatakan positif terjangkit Corona.

Dari hasil tracing, ada puluhan orang yang pernah berkontak langsung dengan Zuhandi, tak terkecuali Bupati Bantul Suharsono yang datang menjenguk. Suharsono lalu menjalani karantina mandiri dan sudah cek virus Corona dengan hasil negatif.

Masyhudi mengatakan rekan-rekan Zuhandi yang sudah pernah melakukan kontak dengannya juga sudah diperiksa dan hasilnya negatif. Para pegawai yang sudah melakukan kontak dengan Zuhandi sudah melakukan isolasi diri meski hasil pemeriksaan dinyatakan negatif.

“Yang sempat besuk dan kontak dengan beliau alhamdulillah pada saat diperiksa sehat dan tidak ada tanda-tanda atau gejala-gejala sakit dan kena Corona. Tapi tetap diperintahkan isolasi diri untuk banyak istirahat di rumah, minum air putih, serta makan makanan bergizi dan suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan imun,” ujar Mashyudi saat dihubungi, Minggu (22/3).

Dengan sembuhnya Kajari Bantul ini, data per 4 April 2020 update pasien kasus virus Corona di DIY menjadi 34 kasus, dan pasien sembuh bertambah menjadi enam orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here