Tak Hanya Jepang-Taiwan, Vietnam Juga Pulangkan Warganya dari Indonesia

0
29
Ilustrasi, poster imbauan COVID-19 (Foto: Getty Images/Linh Pham)

Isal Mawardi – detikNews

Kamis, 15 Jul 2021 22:52 WIB

Hanoi – Otoritas Vietnam berencana memulangkan warganya dari Indonesia. Pemulangan itu direncanakan menggunakan pesawat.

“Kedutaan Besar Vietnam di Indonesia (Kedubes) telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk sukses menyelenggarakan sejumlah penerbangan untuk membawa pulang warga negara Vietnam dalam status prioritas di Indonesia,” keterangan Kedutaan Vietnam Jakarta dalam situs vnembassy-jakarta.mofa.gov.vn, Kamis (15/7/2021).

Kedutaan Vietnam mengimbau warganya yang berencana meninggalkan Indonesia untuk segera mengisi formulir yang tertera di website resmi. Batas waktu pendaftaran hingga 23 Juli 2021.

“Hanya warga negara yang berada dalam kategori prioritas dan memiliki kebutuhan yang nyata untuk kembali ke negara asalnya yang dapat mendaftar dan bertanggung jawab atas isi pendaftaran,” terang Kedutaan Vietnam.

Belum diketahui siapa saja yang disebut ‘prioritas’. Kedutaan Vietnam mengimbau warganya untuk tidak mendaftar lebih dari sekali.

Belum diketahui pasti alasan Kedutaan Vietnam memfasilitasi pemulangan warganya dari Indonesia. Namun, dari kabar yang beredar, pemulangan itu terkait kondisi Corona di Indonesia yang semakin buruk.

Taiwan dan Jepang

Sebelumnya, sebanyak 90 pebisnis dan ekspatriat dari Taiwan telah memesan penerbangan untuk keluar dari Indonesia dan kembali ke negaranya. Penerbangan dijadwalkan menggunakan maskapai Batik Air Indonesia pada 28 Juli nanti.

Dari catatan pusat layanan respons COVID-19 ITCC pada 6-12 Juli, 72 orang Taiwan di Indonesia terkonfirmasi positif Corona. Sepuluh warga Taiwan di antaranya telah sembuh, sedangkan 4 lainnya meninggal dunia.

Hal yang sama dilakukan Jepang. Dilansir Fuji News Network, Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato mengatakan pihaknya siap membantu warganya keluar dari Indonesia dan kembali ke Jepang.

Hingga Senin (12/7), 14 warga negara Jepang meninggal dunia akibat wabah COVID-19 di Indonesia. Penerbangan carter bagi warga Jepang untuk pulang kampung sudah dilakukan pada Rabu (14/7) kemarin.

Corona di RI Kembali Pecah Rekor

Pemerintah melaporkan tambahan kasus baru Corona sebanyak 56.757 kasus positif Corona (COVID-19) hari ini. Sebanyak 19.049 pasien sembuh dan 982 kasus meninggal.

Total positif Corona secara kumulatif sejak Maret 2020 hingga hari ini berjumlah 2.726.803 dan kasus sembuh kumulatif sebanyak 2.176.412. Sementara itu, hingga hari ini, tercatat pasien Corona yang meninggal di RI mencapai 70.192 orang.

Daerah yang melaporkan penambahan kasus baru terbanyak hari ini adalah DKI Jakarta dengan 12.691 kasus, diikuti Jawa Barat dengan 11.101 kasus baru.

Sedangkan daerah dengan kasus sembuh tertinggi ada di Jawa Barat, yaitu 5.137 kasus. Sementara itu, 34 provinsi melaporkan temuan kasus baru positif Corona hari ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here