Survei Indikator Politik: Prabowo Capres Terkuat, Diikuti Ganjar-Anies

0
9

Firda Cynthia Anggrainy – detikNews
Minggu, 09 Jan 2022 15:08 WIB

Jakarta – Hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menunjukkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto masih menjadi sosok calon presiden (capres) 2024 terkuat sejauh ini. Sementara dua nama lain yang menyusul adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Survei Indikator Politik Indonesia digelar pada 6-11 Desember 2021. Populasi survei tersebut adalah warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih dalam pemilihan umum.

Penarikan sampel survei Indikator menggunakan metode multistage random sampling. Total sampel 2020 responden, dengan sampel basis sebanyak 1.220 orang yang tersebar proporsional di 34 provinsi, serta dilakukan penambahan sebanyak 800 responden di Jawa Timur.

Margin of error survei tersebut +- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka.

Dalam surveinya, responden awalnya disodorkan 33 nama tokoh yang dianggap berpotensi menjadi capres. Responden ditanya, jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan ibu/bapak pilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut ini’.

Hasilnya, Prabowo menempati urutan teratas dengan 24,1 persen. Ganjar menyusul di tempat kedua dengan 20,8 persen, dan di posisi ketiga ada Anies dengan 15,1 persen.

“Pak Prabowo masih di peringkat pertama, kemudian Pak Ganjar Pranowo, kemudian Pak Anies. Tiga nama ini yang mencapai dua digit ke atas, yang lain masih satu digit,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei Indikator Politik Indonesia bertajuk ‘Pemulihan Ekonomi Pasca-COVID, Pandemic Fatigue, dan Dinamika Elektoral Jelang Pemilu 2024’, Minggu (9/1/2022).

Kemudian, survei kembali dilakukan dengan mengurangi jumlah nama calon, dari 33 menjadi 19 nama. Hasilnya pun tidak berubah, Prabowo masih di urutan pertama, disusul secara berurut oleh Ganjar dan Anies.

Berikut ini hasil survei 19 nama capres Indikator Politik Indonesia:

– Prabowo Subianto 24,1 persen
– Ganjar Pranowo 20,8 persen
– Anies Baswedan 15,1 persen
– Agus Harimurti Yudhoyono 6,8 persen
– Ridwan Kamil 5,5 persen
– Sandiaga Uno 3,9 persen
– Tri Rismahawini 3,2 persen
– Khofifah Indar Parawansa 1,9 persen
– Puan Maharani 1,8 persen
– Erick Thohir 1,0 persen
– Sri Mulyani 1,0 persen
– Airlangga Hartarto 0,9 persen
– Mahfud Md 0,9 persen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here