Surabaya, Sidoarjo dan Gresik Akan Ajukan PSBB ke Kemenkes

0
44
Rapat soal PSBB di Gedung Grahadi Surabaya/Foto: Faiq Azmi

Faiq Azmi – detikNews

Minggu, 19 Apr 2020 17:24 WIB

Surabaya – Kota Surabaya, Sidoarjo dan Gresik akan mengajukan PSBB ke Kemenkes melalui Pemprov Jatim. Kesepakatan diambil dalam pertemuan tiga kepala daerah tersebut bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

“Dari diskusi yang konstruktif dan produktif ini juga diikuti ikhtiar ini, maka tadi bersama-sama kami mengambil kesepakatan di Surabaya, lalu di sebagian wilayah Sidoarjo, di sebagian wilayah Gresik diberlakukan PSBB,” kata Khofifah usai pertemuan, Minggu (19/4/2020).

“Ditambah tim dari Polda Jatim, Kodam, DPRD akan membahas secara detail, dari draft gubernur yang sudah disiapkan dan dilanjutkan dengan peraturan bupati dan wali kota. Lalu akan diajukan ke Kemenkes RI. Untuk areanya kita sepakati masuk dalam PSBB,” imbuhnya.

Pertemuan itu digelar di Gedung Negara Grahadi sejak pukul 14.00 WIB. Pertemuan tersebut diikuti Wali Kota Surbaya Tri Rismaharini, Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin serta perwakilan Pemkab Gresik.

“Penjelasan detail dan langkah-langkah berlapis yang telah dilakukan oleh Pemkot Surabaya, Pemkab Sidoarjo, Pemkab Gresik telah kita terima. Kesepakatan kita wilayah tersebut akan masuk ke PSBB dan akan disiapkan surat ke Kemenkes,” lanjutnya.

Menurut Khofifah, keputusan PSBB diambil karena kasus Corona di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik terus bertambah meski tracing terus dilakukan. “Para Forkopimda Pemkot, Pemkab terkait mengetahui hal itu juga,” sambungnya.

Sebelumnya, Khofifah menyampaikan penilaian atas kajian epidemiologi yang dilakukan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unair. Yang mengarah pada pentingnya penerapan PSBB di Surabaya.

“Berdasarkan penilaian tersebut, total nilai untuk Surabaya mencapai nilai 10, atau tertinggi dari skala evaluasi. Beberapa hal yang menjadi catatan di antaranya adalah doubling time telah terjadi 4 kali serta telah terjadi transmisi level 2 dan transmisi lokal maupun lintas wilayah,” papar Khofifah, Sabtu (18/4).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here