Serangan Houthi Bisa Rugikan Perdagangan Maritim Israel

0
48

Israel berdalih serangan Houthi tidak berdampak langsung pada aktivitas pelabuhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Serangan terhadap kapal komersial oleh kelompok Houthi yang berbasis di Yaman merupakan ancaman terhadap rute pelayaran global dan lalu lintas laut ke Israel. Namun, Pelabuhan Ashdod Israel pada Selasa (12/12/2023) mengatakan, serangan itu tidak berdampak langsung terhadap aktivitas pelabuhan.

“Kami menekankan bahwa kami melakukan segalanya untuk bertindak sepenuhnya dan mempertahankan pintu gerbang terbuka ke Israel meskipun ada tantangan perang,” kata Pelabuhan Ashdod dalam sebuah pernyataan.

Kapal Tanker Kimia Mowinckel asal Norwegia, diserang oleh Houthi, merilis pernyataan yang menyebut kapal yang diserang Houthi tidak memiliki keterkaitan dengan Israel dalam hal kepemilikan atau pengelolaannya. Kapal tersebut untuk sementara dinominasikan oleh pihak yang menyewanya untuk sebuah kargo keluar dari Ashdod pada Januari.

“Pemilik memiliki opsi untuk membatalkan kontrak jika situasi memburuk. Atas rekomendasi penasihat keamanan kami, diputuskan untuk menyembunyikan informasi ini sampai kapal dan awaknya berada di perairan aman,” ujar kata Mowinckel Chemical Tankers.

Pihak Pelabuhan Ashdod menolak berkomentar. Namun, mereka akan berupaya untuk menyerap aktivitas operasional apa pun terkait bongkar muat yang diperlukan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here