Penting! Deretan Komorbid Ini Perlu Diwaspadai Jika Anak Kena COVID-19

0
55

Rabu, 16 Feb 2022 20:33 WIB

Hartaty Varadifa – detikHealth

Jakarta – Kasus COVID-19 terus meningkat tidak hanya pada orang dewasa, melainkan juga pada anak-anak. Disebut-sebut, Indonesia merupakan salah satu negara dengan kasus COVID-19 pada anak tertinggi di dunia.
Dokter spesialis anak RS Pondok Indah, dr William Jayadi Iskandar Sp.A, menyebutkan bahwa 1 dari 8 pasien COVID-19 di Indonesia adalah pasien anak.

“Pandemi COVID-19 tidak kunjung usai sejak pertama kali ditemukan di Indonesia dua tahun lalu. Indonesia pun menjadi salah satu negara yang memiliki pasien COVID-19 anak terbanyak di dunia,” kata William kepada HaiBunda, baru-baru ini.

Maka hal ini perlu menjadi perhatian bagi para orang tua khususnya bagi anak yang memiliki komorbiditas. Menurut dr William, komorbiditas merupakan kondisi atau penyakit pada seorang anak yang dapat memperberat derajat infeksi COVID-19.

Mengutip penelitian Tsankov dkk tahun 2021, dr William menyebut angka kejadian COVID-19 berat pada anak dengan komorbiditas mencapai 5,1 persen. Ini jauh berbeda pada anak tanpa komorbiditas, yakni 0,2 persen.

“Selain itu, risiko kematian anak dengan komorbiditas sebanyak 2,8 kali lebih tinggi daripada anak tanpa komorbiditas,” ujarnya.

Pada dasarnya komorbiditas merujuk pada kondisi kekurangan sistem imun atau imunodefisiensi. Hal ini sama seperti pada pasien gizi buruk, infeksi HIV-AIDS, kanker atau keganasan, serta pasien yang menjalani terapi obat kortikosteroid jangka panjang.

Menurut penelitian Ward dkk tahun 2021,terdapat sejumlah faktor risiko COVID-19 berat yang dirawat di ruang intensif anak antara lain usia muda dan komorbiditas seperti:

Keganasan atau kanker: 9,7 kali
Penyakit jantung: 15,4 kali
Penyakit saraf: 12,3 kali
Penyakit pernapasan lainnya: 11,1 kali
Selain itu penelitian ini turut memaparkan penyakit terbanyak yang mendorong kasus perawatan pada anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here