PDP dan ODP di Jombang Meninggal, Keduanya Perempuan

0
63
Humas Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Pandemi Covid-19 Jombang Budi Winarno (Foto: Enggran Eko Budianto)

Enggran Eko Budianto – detikNews

Sabtu, 04 Apr 2020 13:53 WIB

Jombang – Seorang Pasien dalam Pengawasan (PDP) meninggal saat diisolasi di RSUD Jombang. Pasien dinyatakan negatif corona. Satu Orang dalam Pemantauan (ODP) juga meninggal di rumah sakit yang sama karena sakit perut dan demam.

Humas Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Pandemi Covid-19 Kabupaten Jombang Budi Winarno membenarkan terdapat satu PDP dan satu ODP yang meninggal di wilayahnya. Keduanya meninggal di RSUD Jombang pada Jumat (3/4).

“Hasil tes swab terhadap PDP yang meninggal sudah keluar Kamis (2/4), hasilnya negatif Covid-19,” kata Budi kepada wartawan, Sabtu (4/4/2020).

PDP yang meninggal seorang perempuan 40 tahun asal Kecamatan Ploso, Jombang. Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran mengatakan pasien dirawat di ruang isolasi sejak Minggu (29/3) malam.

Menurut Pudji, saat itu pasien menderita demam, sesak nafas dan penurunan daya tahan tubuh. Setelah ditelusuri, PDP mempunyai riwayat perjalanan dari Bogor. Ditambah lagi rapid test menunjukkan hasil positif.

“PDP status gizinya kurang bagus saat masuk. Sehingga saat sakit, dampaknya berbeda. Kami lakukan swab, hasilnya negatif Covid-19,” terangnya.

Kendati begitu, pemakaman jenazah PDP perempuan itu dilakukan dengan protap Covid-19. Jenazah telah dimakamkan Jumat (3/4) siang.

“Walupun hasil swab negatif, kami tetap waspada, pemakaman memakai prosedur mendekati Covid,” ungkap dr Pudji.

Sementara ODP terkait corona yang meninggal yakni seorang perempuan 50 tahun asal Kecamatan Ploso. Menurut dr Pudji, ODP dirawat di RSUD Jombang karena demam dan sakit perut sejak Senin (30/3). Pasien ini mempunyai riwayat perjalanan dari Jakarta.

“ODP masuk karena sakit perut. Kemudian diperiksa tidak ada tanda-tanda Covid-19, statusnya pasien umum. Karena ragu-ragu kami masukkan status ODP. Kemudian Jumat (3/4) meninggal,” jelasnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang mencatat, saat ini terdapat 5 PDP terkait COVID-19. Yaitu 1 PDP meninggal, 3 PDP isolasi mandiri dan 1 meningkat statusnya menjadi positif corona. Sedangkan jumlah ODP mencapai 233 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here