Pakar Sebut Duet Machfud-Mujiaman Berpeluang Menang di Pilwali Surabaya

0
20
Machfud Arifin-Mujiaman (Foto: Istimewa)

Faiq Azmi – detikNews

Kamis, 27 Agu 2020 16:23 WIB

Surabaya – Tim Pemenangan Machfud Arifin telah mengumumkan Mujiaman Sukirno sebagai wakil Machfud. Pakar Komunikasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Rachmah Ida memandang duet itu berpeluang memenangkan kontestasi politik Surabaya.

“Banyak contoh bukan kader partai yang diusung dalam pemilihan kepala daerah bisa menang. Pak Machfud dan Pak Mujiaman berpeluang untuk menang,” kata Rachmah di Surabaya, Kamis (27/8/2020).

Rachmah mencontohkan Anies Baswedan yang notabene kalangan profesional menang dalam Pilgub DKI. Begitu juga dengan Joko Widodo yang mulanya bukan kader murni, bisa menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI hingga menjadi presiden RI.

“Gejala itu bisa berlaku untuk semuanya, termasuk Surabaya sudah ada contohnya,” imbuhnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan Machfud Arifin dengan turun ke lapangan secara massif, terus meningkatkan popularitasnya. Sebab, pemilih Surabaya butuh kenal terhadap figur calon.

“Masyarakat Surabaya itu tak kenal maka tak sayang. Dengan menyapa warga tiap harinya, popularitas dari Pak Machfud tentu terus naik dan dikenali,” jelasnya.

Rachmah menegaskan duet Machfud Arifin-Mujiaman juga diuntungkan dengan dukungan 8 partai koalisi yakni Gerindra, Golkar, PPP, Nasdem, Demokrat, PKS, PAN, dan Nasdem. Keuntungan itu yakni dukungan dari kader parpol sendiri juga legislator partai yang memiliki konstituen.

Sementara itu, pengamat politik Ubhara Surabaya Fitria Widiyani Roosinda menegaskan, duet Machfud Arifin-Mujiaman sangat mampu menyukseskan pembangunan kota Surabaya, Karena banyak daerah yang sukses dipimpin para profesional. Surabaya sendiri memiliki sejarah sukses Bambang DH yang berduet dengan Tri Rismaharini dari kalangan profesional.

Fitria mengatakan, tak sedikit masyarakat yang kecewa dengan kepala daerah yang berlatar politisi karena terkadang memprioritaskan kepentingan partai. Terhadap gejala ini, Fitria menilai fakta ini menjadi peluang baik bagi pasangan Machfud-Mujiaman.

“Pasangan Machfud-Mujiaman dapat menggunakan peluang ini untuk memenangkan hati masyarakat. Sebenarnya masyarakat kita sudah semakin terdidik. Jejak digital, rekam prestasi, itu sangat menentukan. Oleh sebab itu berbagai program solutif kreatif harus diciptakan oleh pasangan ini,” terangnya.

Menurutnya, Machfud-Mujiaman Pasangan profesional yang terbiasa bekerja dengan berbagai tekanan dan deadline. Sehingga dinilai bisa menyelesaikan berbagai permasalahan di Surabaya. Apalagi keduanya sudah teruji dan berhasil selama menjadi pemimpin di instansinya masing-masing.

“Machfud-Mujiaman sudah memiliki pengalaman dalam memimpin dan sudah teruji dengan berbagai keberhasilan yang di dalam. Hal itu menjadi salah satu modal kuat mereka mampu memajukan Kota Pahlawan ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here